Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Contoh Soal Tes Potensi Akademik

 

Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Contoh Soal Tes Potensi Akademik – Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Dibawah ini adalah beberapa contoh soal tpa gratis, yang dapat anda coba :

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Contoh soal TPA Gratis :

Pilihlah satu jawaban yang bermakna sama atau paling mendekati kata yang dicetak dengan huruf besar.

1. BAKA

A. Sebentar

B. Selamanya

C. Abadi

D. Elabolasi

E. Bertahan Lama

2. HAKIKAT

A. Kesalahan

B. Kebenaran

C. Pedoman

D. Asaz

E. Teori

Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Contoh Soal TPA Gratis :

Pilihlah satu jawaban yang merupakan kelanjutan seri huruf atau seri bilangan

1. 1,  7,  8,  19,  27,  37,  64,  61, 125,  …

A. 89

B. 90

C. 91

D. 92

E. 93

2. 11,  2,  13,  4,  15,  6,  17,  8,  19,  …,  …

A. 10 dan 11

B. 10 dan 12

C. 20 dan 21

D. 10 dan 21

E. 20 dan 22

Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Contoh Soal TPA Gratis :

1. Tidak semua orang pergi kerumah sakit karena sakit.

Saski pergi kerumah sakit.

Jadi :

A. Hari ini saski Sakit

B. Hari ini saski tidak sakit

C. Saski adalah seorang dokter

D. Rumah sakit adalah tempat orang sakit.

E. Hari ini saski belum tentu sakit

2. Semua ular tidak bertrelur dan semua yang bertelur adalah hewan. Jadi …

A. Ular bukan Hewan

B. Ular adalah mamalia

C. Ular bisa saja bertelur

D. Ular melahirkan anak

E. Ular adalah mamalia

Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Tes seperti TPA ini sebenarnya jika dipikir  pikir  lebih gampang daripada tes-tes ujian kenaikan sekolah, karena meskipun sama sama memiliki soal-soal dalam bidang matematika, namun soal matematika yang digunakan dalam tes TPA tidak serumit matematika dalam tes-tes ujian misal SMPTN. Hal ini terjadi karena soal yang ada di tes TPA adalah soal-soal yang memerlukan penalaran secara logika yang teratur jadi tidak memerlukan rumus-rumus turunan yang rumit.

Begitu juga soal dalam tes verbal, peserta akan diberikan soal-soal menyangkut padanan kata, lawan kata, persamaan kata dan pengelompokkan kata. Oleh sebab itu sekali lagi ditekankan untuk sebisa mungkin tenang dalam menjawab soal TPA UI seperti ini.

Sebenarnya sebelum mengikuti tes TPA yang resmi, Anda bisa belajar banyak dari TPA online di mana dalam akhir tesnya anda akan mengetahui nilai Anda sesuai jawaban menurut ketentuan soal yang berlaku baik dari waktu pengerjaan dan ketepatan jawaban. Memang soal dalam TPA online tidak akan sama dengan soal TPA UI namun jika Anda sudah terbiasa mengerjakan dan mengetahui pola dan patternnya maka akan gampang mencari jawaban dari soal-soal tersebut.

Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp