Passing Grade Simak UI S2

By July 28, 2023 Test Potensi Akademik

Passing Grade Simak UI S2

 

Passing Grade SIMAK UI S2 – Kampus UI, Universitas Indonesia adalah perguruan tinggi negeri yang favorit dan diminati oleh banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan UI terletak di kampus Depok, Jawa Barat dengan suasana yang sejuk dan segar untuk belajar, serta kampus Salemba, Jakarta.

Baca juga: Tips Lengkap Mengerjakan TPA Bappenas

Passing Grade Simak UI S2

Sebelum pendaftaran penerimaan UI 2017 alangkah baiknya harus mengetahui jurusan/program studi UI, dan juga harus mengetahui keketatan dalam memasuki suatu program studi tertentu. Untuk mengetahui keketatan suatu program studi bisa menggunakan passing grade untuk membandingkan suatu prodi baik melalui pendaftaran SBMPTN UI (Ujian Tulis), SNMPTN UI (Undangan Raport), dan SIMAK UI. Berikut ini merupakan Passing Grade Simak UI S2 yang perlu Anda ketahui.

Passing Grade Simak UI S2

Passing Grade Simak UI S2 merupakan batas nilai minimal yang harus dipenuhi agar lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Biasanya, perguruan tinggi dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hanya akan mempublikasikan data daya tampung dan keketatan peserta, tetapi tidak dengan passing grade.

Keketatan adalah persentase jumlah peserta yang diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Melansir situs resmi SIMAK UI, semakin besar persentase dalam ujian mandiri artinya daya saingnya rendah, begitupun sebaliknya.

  • Passing Grade Simak UI S2 ( SAINTEK )

Arsitektur (45.67 %)

Arsitektur Interior (35.67 %)

Biologi    (30.67 %)

Farmasi    (54.93 %)

Fisika (34.67 %)

Geografi (32.56 %)

Gizi (30.17 %)

Ilmu Keperawatan (43.00 %)

Ilmu Komputer (55.99 %)

Kesehatan Masyarakat (35.91 %)

Kimia (36.83 %)

Matematika(40.50 %)

Pendidikan Dokter (62.78%)

Pendidikan Dokter Gigi (49.65 %)

Sistem Informasi (42.38 %)

Teknik Elektro (50.77 %)

Teknik Industri    (51.60 %)

Teknik Kimia (42.48 %)

Teknik Komputer    (45.26 %)

Teknik Lingkungan (40.49 %)

Teknik Mesin (45.16 %)

Teknik Metalurgi dan Material (42.38 %)

Teknik Perkapalan (36.54 %)

Teknik Sipil (44.09 %)

Teknologi Bioproses (32.03 %)

Baca Juga: Pelatihan TPA Bappenas – Mengenal Tes Potensi Akademik

 

  • Passing Grade Simak UI S2 ( SOSHUM )

Sastra Indonesia (31.0 %)

Ilmu Perpustakaan (30.4 %)

Akuntansi (56.4 %)

Ilmu Hubungan Internasional (53.8 %)

Ilmu Komunikasi    (52.3 %)

Manajemen (50.8 %)

Ilmu Administrasi Niaga    (43.8 %)

Ilmu Kesejahteraan Sosial(36.3 %)

Kriminologi (35.8 %)

Sosiologi (35.7 %)

Ilmu Filsafat (30.2 %)

Sastra Rusia (29.5 %)

Arkeologi Indonesia (28.9 %)

Sastra Jepang (39.7 %)

Sastra Inggris (39.4 %)

Sastra Perancis    (38.8 %)

Sastra Cina (35.2 %)

Ilmu Administrasi Fiskal (43.1 %)

Ilmu Administrasi Negara (42.7 %)

Ilmu Ekonomi (49.7 %)

Sastra Jerman (33.3 %)

Antropologi Sosial (31.6 %)

Bahasa dan Kebudayaan Korea (37.1 %)

Ilmu Sejarah (30.9 %)

Sastra Belanda (28.2 %)

Sastra Arab (30.8 %)

Sastra Daerah untuk Sastra Jawa    (29.8%)

Ilmu Hukum (50.6 %)

Ilmu Politik (40.2 %)

Psikologi (48.8 %)

Cara Daftar Simak UI S2

  • Membuat account di situs penerimaan UI Klik link Buat Account di kanan atas lalu isi formulir yang muncul
  • Mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm, Anda harus mengunggah foto sebelum dapat membuat pendaftaran
  • Membuat pendaftaran, Anda dapat login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  • Melakukan verifikasi pendaftaran, Verifikasi dilakukan untuk memastikan Anda telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih
  • Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran, Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional
  • Membayar biaya pendaftaran, Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload foto dan melakukan verifikasi Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya
  • Mendownload kartu ujian masuk. Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk
  • Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  • Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman
  • Keterangan tambahan dapat dilihat pada panduan pendaftaran masing-masing jalur penerimaan di menu sebelah kiri.

Perlu Anda ketahui kembali bahwa Passing Grade Simak UI S2 belum tentu dapat menentukan seorang calon mahasiswa dapat keterima di Perguruan Tinggi Negeri. Passing Grade Simak UI S2 tersebut belum terlalu akurat. Karena pihak dari Univeristas Indonesia tidak mengeluarkan passing grade secara resmi.

Namun informasi Passing Grade Simak UI S2 diatas dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah jurusan yang sekiranya persaingannya tidak terlalu sulit. Semakin tinggi persentase passing grade, maka persaingannya akan semakin sulit.

Kapan Tes SIMAK UI S2?

Sayangnya, pelaksanaan tes untuk gelombang pertama sudah dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 12 Maret 2023 yang lalu. Meskipun begitu, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengikuti SIMAK UI S2 di gelombang berikutnya.

Tes ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun. Dua kali pada semester ganjil di bulan Februari hingga Mei. Sisanya dilaksanakan pada semester genap di bulan September hingga Oktober. Adapun biaya pendaftaran yang harus kamu keluarkan adalah Rp.1.300.000.

Bagaimana cara mendaftarnya? Siapa pun bisa mendaftar SIMAK UI S2 dengan mengunjungi laman resmi https://penerimaan.ui.ac.id/. Ikuti langkah demi langkah agar tidak ada poin yang ketinggalan.

Apa Saja Tes SIMAK UI S2?

Ada dua jenis tes yang mesti diikuti yaitu Tes Bahasa Inggris dan TPA

1. Tes Bahasa Inggris
Terdapat dua jenis tes bahasa Inggris yang harus kamu pahami di sini yaitu Reading dan Structure.

  • Reading; tersedia teks atau sekumpulan paragraf dan beberapa pertanyaan terkait bacaan tersebut.
  • Structure; soal yang mengandung struktur kalimat dalam Bahasa Inggris.

Agar kamu berhasil menjawab soal-soal bahasa Inggris, biasakan diri untuk membaca cermat dan cepat. Sering-seringlah membaca essay atau paper bahasa Inggris demi meningkatkan perbendaharaan kata.

2. TPA Penalaran Logika
Ini berkaitan dengan soal bergambar. Nantinya, kamu akan diminta untuk mengungkapkan perbedaan gambar. Agar kamu berhasil menjawab soal-soal ini, pastikan kamu terbiasa dalam memperhatikan perbedaan gambar, menyusun pola, penalaran, dan memecahkan sebuah kode.

 

Baca juga : Skor TPA Bappenas Terbaik
3. TPA Kuantitatif
Soal ini berkaitan dengan angka atau masalah perhitungan. Jadi, pastikan bahwa kamu memahami konsep dasar matematika seperti persamaan, pertidaksamaan, aljabar, diagram venn, dan lainnya.

Selain itu, perbanyak juga latihan menjawab soal logika matematika seperti modus, silogisme, premis, dan lain-lain.

4. TPA Verbal
Tes Potensi Akademik Verbal terdiri atas soal-soal antonim dan sinonim, idiom, analogi, dan pemahaman wacana.

  • Antonim dan sinonim; menguji kosakata terkait persamaan dan lawan kata.
  • Idiom; soal yang berkaitan dengan istilah dalam kalimat. Seperti buah tangan, kaki tangan, dan lainnya.
  • Analogi; terkait istilah di bidang tertentu. Seperti halnya Jauh : Jarak = . . . : . . .
  • Pemahaman wacana; memahami sebuah teks dengan teknik scanning (membaca cermat) dan skimming (membaca cepat).

Nah itulah informasi mengenai Passing Grade Simak UI S2. Semoga dapat bermanfaat…

Pelatihan TPA UI

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Bappenas adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.

Kursus TPA UI

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Apa Saja Manfaat  Pelatihan TPA ?

Konsultan sukses-tpa berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA maupun Private TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di konsultan Sukses TPA hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Ini dikarenakan mereka telah belajar soal-soal TPA dan bagaimana cara mengerjakan dengan cepat.

Pada umumnya nilai TPA pasca pelatihan yang  diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang  tinggi  bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah.

Pelatihan TPA akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah. Jika belum mengenal tipe dan bentuk soal TPA langsung mengikuti Tes Potensi Akademik, dipastikan hasilnya akan kurang memuaskan. Bisa jadi ketika mengerjakan akan tertegun, gagap, bingung dan lainnya karena waktu yang diberikan begitu cepat. Dengan mengikuti Pelatihan TPA, akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan  dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain  perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi tes TPA.

Materi Pelatihan & Instruktur

Verbal (padanan kata, lawan kata, analogi verbal);  Kuantitatif (hitungan, deret bilangan, komparasi kuantitatif); Penalaran (logika formal, analitis, keruangan, penalaran logis) serta ditambah dengan teknik mengerjakan TPA dengan metode berpikir strategis. Instruktur berpengalaman & berlatar  belakang pendidikan yang relevan dengan materi pelatihan.

Tempat & Waktu

Pelatihan dilaksanakan hanya satu hari untuk semua materi dan latihan soal.

Waktu Pelatihan Reguler di hari libur kerja Sabtu/Minggu (jadwal silahkan lihat disini) mulai Pk. 08.00 s.d 16.30 WIB

Lokasi Pelatihan : Pusat Studi Jepang UI Depok

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Passing Grade Simak UI S2

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas