Pelatihan TPA Penting

Pelatihan TPA Penting

Pelatihan TPA Penting

Pelatihan TPA – Rekan pembaca, mungkin Anda pernah mengikuti soal test TPA dan bagaimana rasanya? Saya percaya bahwa kalian setuju jika rileks itu sangat penting dalam menghadapi tes potensi akedemik. Karena dengan pikiran yang tenang serta rileks, kita dapat menemukan dan berpikir dengan mudah serta cepat bukan?Coba Anda bandingkan ketika pikiran sedang kacau atau fokus memikirkan suatu hal diluar soal TPA, maka yang kita hadapi bukanlah soal TPA, tetapi sebuah pikiran-pikiran rumit yang mampu membuyarkan semua konsentrasi.

Untuk itu, saya memberikan tips kepada Anda bagaimana menemukan sebuah pikiran yang rileks, tenang, dan terkondisi dengan baik. Oke, tanpa basa basi, kita simak yuk tipsnya. J

Jadikan pikiran Anda layaknya kacamata kuda

Anda mengetahui apa itu kacamata kuda? Ya, kacamata kuda merupakan sebuah desain khusus yang membuat Anda sulit melirik ke samping dan selalu terfokus ke suatu hal. Begitupun dalam menghadapi soal tes TPA, Anda harus terus fokus mengikuti pelatihan, berlatih sendiri, dan membiasakan diri untuk mengerjakan soal dengan cepat. Jauh-jauh hari sebelum TPA dimulai, ada baiknya Anda tidak memikirkan banyak masalah yang mungkin terjadi di keluarga atau lingkungan pergaulan. Caranya, jangan terlalu banyak menemui teman, dan jangan terlalu jauh terlibat dengan masalah yang ada di sekitar Anda. Juga, pergi ke suatu tempat yang menyenangkan diperlukan untuk menjernihkan pikiran.

Sistem SKS itu tidak baik

Lakukan latihan soal tes TPA pada awal waktu dan jangan gunakan sistem kebut semalam. Ada banyak anak muda atau pemula yang berlatih tiga atau empat hari sebelum tes potensi akademik diterapkan. Rata-rata dari mereka baru menyadari bahwa soal tes TPA ternyata cukup sulit dan mulai berlatih dengan keras. Padahal, latihan dengan sistem SKS hanya akan memberatkan otak dan pada akhirnya Andasulit berkonsentrasi pada ujian yang sesungguhnya.

Justru, cara yang paling baik adalah tidak berlatih soal tes TPA sejak dua hari sebelum ujian dimulai. Teknik tersebut, semata-mata digunakan untuk membuat pikiran kita tidak terbebani dan tenang.

Datang awal waktu ketika ujian dimulai

Usahakan datang 30 menit sebelum ujian soal tes TPA dimulai. Ketika datang awal waktu, kita dapat menenangkan pikiran terlebih dahulu, berdoa, dan memeriksa alat-alat tulis yang akan digunakan dalam ujian nanti. Coba Anda bayangkan apabila datang ke tempat tes dengan terlambat. Kita akan masuk ke dalam ruangan dengan terburu-buru, tidak memiliki kesempatan untuk membuat pikiran tenang, dan langsung dihadapkan pada soal tes TPA dengan waktu pengerjaan amat singkat.

Materi Pelatihan TPA meliputi semua hal yang di ujikan di Tes Potensi Akademik. Lalu apa saja materinya? Berikut Materi Pelatihan TPA yang akan Anda pelajari:

  • Kemampuan Verbal
  • Kemampuan Kuantitatif
  • Kemampuan Penalaran & Spatial
  • Kemampuan Analisa & Logika (bahasa, matematik & gambar)
  • Kemampuan Matematika Dasar

Untuk lebih jelasnya materi pelatihan TPA di atas, kami uraikan di bawah ini:

Tes verbal (Bahasa) berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata (Analogi Verbal), dan tes pengelompokan kata. Umumnya terdiri dari kata-kata yang jarang ditemui di kehidupan orang awam, yang terkadang tidak seperti Bahasa Indonesia

Tes kuantitatif ini berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi Aritmetik (hitungan), Seri (deret bilangan), Logika Bilangan (Komparasi Kuantitatif) dan Logika Aritmetik (soal cerita). Ada beberapa trik yang dapat mempercepat penghitungan. Salah satu favorit saya adalah x/ 8. Misal 37.5% dari 16 = 3/8 x 16 = 6. Bila dikerjakan secara biasa akan melakukan perkalian 3 digit dengan 2 digit = 6 kali perkalian ditambah beberapa penjumlahan. Sedangkan dijadikan pecahan cukup 1 pembagian (penyederhanaan), 1 perkalian dan selesai .

Tes analisa & logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Pelatihan TPA Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp