Pelatihan TPA

Pelatihan TPA

Pelatihan TPA – Jika Anda melatih pengerjaan soal tes potensi akademik dengan periode waktu yang rutin, maka sense Anda akan terlatih dengan baik dan Anda akan lebih mengetahui bagaimana bentuk soal yang keluar saat ujian. Anda menjadi lebih peka dan siap menghadapi banyak soal sulit, karena kesulitan tersebut sebenarnya sudah terprediksi secara langsung ketika Anda latihan Soal TPA dan Pembahasannya.

Pelatihan TPA

Tips Mempediksi Soal TPA dan Pembahasannya

Rajin Mencari Informasi

Cobalah untuk tidak malas ketik aakan menghadapi tes potens iakademik. Anda amat disarankan untuk “berkeliling” ke banyak tempat seperti  internet, toko buku, dan meminta referensi soal dari teman-teman Anda. Cara ini, bisa diandalka nuntuk mendapatkan beragam contoh Soal TPA dan Pembahasannya sehingga pembendaharaan soal Anda akansemakin baik dari waktu ke waktu.

Kursus TPA

Banyak orang  yang bahkan hingga mengambil kursus tes potensi akademik demi mendapatkan prediksi yang begitu akurat, dan cara tersebut memang terbukti ampuh. Dari kursus, Anda akan mendapatkan panduan lengkap tentang bagaimana mengerjakan soal  TPA dengan tepat dan dalam waktu singkat. Situasi ini akan lebih baik lagi, karena didukung oleh soal-soal update terbaru sehingga Anda akan mendapatkan prediksi akurat.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengikuti kursus secara offline, maka ada kelas online yang bisa Anda ikuti. Kelas online tentu saja lebih fleksibel karena Anda bisab ertanya kapanpun Anda mau. Anda juga akan diberikan sebuah modul yang berisi beragam soal TPA serta pembahasannya.

Membeli buku atau ebook

Ini adalah hal yang paling umum untuk memprediksi soal tes potensi akademik. Anda bisa berkeliling di toko buku untuk mendapatkan buku-buku bermanfaat yang memberikan banyak Soal TPA dan Pembahasannya secara langsung. Kalau Anda tidak menemukan di toko buku offline, silakan kunjungi beberapa toko buku online untuk koleksi yang lebih lengkap lagi.

Lebih jauh lagi, jika Anda menginginkan biaya yang lebih murah, maka cobalah untuk membeli ebook secara online.Saat ini, ada banyak ahli soal TPA yang menjual produk mereka berupa ebook dengan harga yang lebih murah, dan isi yang lebih lengkap dari buku-buku offline.

Apa Saja Materi TPA ?

Materi Pelatihan TPA meliputi semua hal yang di ujikan di Tes Potensi Akademik. Lalu apa saja materinya? Berikut Materi Pelatihan TPA yang akan Anda pelajari:

  • Kemampuan Verbal
  • Kemampuan Kuantitatif
  • Kemampuan Penalaran & Spatial
  • Kemampuan Analisa & Logika (bahasa, matematik & gambar)
  • Kemampuan Matematika Dasar

Untuk lebih jelasnya materi pelatihan TPA di atas, kami uraikan di bawah ini:

Tes verbal (Bahasa) berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata (Analogi Verbal), dan tes pengelompokan kata. Umumnya terdiri dari kata-kata yang jarang ditemui di kehidupan orang awam, yang terkadang tidak seperti Bahasa Indonesia

Tes kuantitatif ini berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi Aritmetik (hitungan), Seri (deret bilangan), Logika Bilangan (Komparasi Kuantitatif) dan Logika Aritmetik (soal cerita). Ada beberapa trik yang dapat mempercepat penghitungan. Salah satu favorit saya adalah x/ 8. Misal 37.5% dari 16 = 3/8 x 16 = 6. Bila dikerjakan secara biasa akan melakukan perkalian 3 digit dengan 2 digit = 6 kali perkalian ditambah beberapa penjumlahan. Sedangkan dijadikan pecahan cukup 1 pembagian (penyederhanaan), 1 perkalian dan selesai .

Tes analisa & logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Pelatihan TPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp