Soal TPA Bappenas UGM Numerik

By October 4, 2023 October 26th, 2023 Pelatihan TPA, Soal TPA
Soal TPA Bappenas UGM Numerik

Soal TPA Bappenas UGM Numerik

 

 

Hallo Semuanyaa!!

Soal TPA Bappenas UGM Numerik – Tes Potensi Akademik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (TPA Bappenas) merupakan salah satu tes penting dalam proses seleksi masuk Program Studi Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM). Bagian tes yang seringkali menantang adalah komponen numerik, yang mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam melakukan perhitungan matematika. Untuk membantu Anda menghadapi tes numerik TPA Bappenas UGM, artikel ini akan memberikan wawasan tentang jenis Soal TPA Bappenas UGM Numerik yang mungkin Anda temui dan tips untuk mempersiapkan diri dengan baik. Simak sampai akhir!!

Tentang UGM

Sejarah UGM

Universitas Gadjah Mada lahir dari semangat perjuangan dalam revolusi kemerdekaan Indonesia. Sejak didirikan pada awal kemerdekaan, UGM telah dipercayai sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di tingkat nasional.

Perguruan tinggi ini awalnya dikenal dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada” dan merupakan hasil penggabungan berbagai sekolah tinggi yang telah ada, seperti Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten. Penggabungan ini resmi diakui melalui Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949, yang mengatur penggabungan perguruan tinggi tersebut menjadi Universiteit.

Soal TPA Bappenas UGM Numerik

UGM terus berkomitmen untuk berperan dalam dunia pendidikan tinggi dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan bangsa Indonesia. Universitas ini menjalankan berbagai peran penting, termasuk dalam penyelenggaraan ujian seperti Soal TPA Bappenas UGM.

Meskipun tanggal 16 Desember 1949 adalah dasar berdirinya UGM, tanggal 19 Desember diperingati sebagai hari ulang tahun UGM karena memiliki makna sejarah yang sangat penting bagi Indonesia.

Nama Gadjah Mada yang melekat pada universitas ini juga memiliki makna mendalam, mencerminkan semangat dan teladan dari Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil menyatukan Nusantara. Semangat dan teladan inilah yang tercermin dalam identitas UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

UGM dibentuk dengan 6 fakultas pada tahap awal, yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kedokteran Hewan. Pada masa itu, kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Sitinggil dan Pagelaran, dengan menggunakan berbagai ruangan di dalam kompleks Kraton Yogyakarta.

Barulah pada tahun 1951, dimulailah pembangunan fisik kampus di Bulaksumur. Ketika memasuki dekade 1960-an, UGM telah membangun berbagai fasilitas penting, termasuk rumah sakit, stasiun radio, serta sarana lain yang mendukung pendidikan mahasiswa dan melayani kepentingan masyarakat. Saat ini, UGM menjadi rumah bagi 18 Fakultas, Sekolah Pascasarjana, dan Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

Visi dan Misi

Visi:

Visi Universitas Gadjah Mada adalah menjadi perguruan tinggi nasional yang berkelas dunia, unggul, dan inovatif. Kami berkomitmen untuk mendedikasikan diri kepada kemajuan bangsa dan kemanusiaan, mengambil inspirasi dari nilai-nilai budaya Pancasila yang mendalam.

Misi:

Misi Universitas Gadjah Mada adalah menjalankan pendidikan berkualitas, penelitian yang berdampak, dan pengabdian kepada masyarakat, sambil berkomitmen pada pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul demi kesejahteraan dan manfaat bagi masyarakat.

Pendidikan Dan Program Studi UGM

Pendidikan

Universitas Gadjah Mada menawarkan beragam program pendidikan, termasuk program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma. Beberapa fakultas kami juga menyelenggarakan program internasional di tingkat sarjana dan pascasarjana.

Fakultas dan Sekolah

UGM merangkul lebih dari 270 program studi yang tersebar di 18 fakultas dan 2 sekolah yang menjadi bagian dari universitas kami. Seluruh program studi kami telah menerima akreditasi dari badan akreditasi nasional, dan beberapa di antaranya telah diakui oleh lembaga akreditasi internasional.

  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Geografi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Sekolah Pascasarjana
  • Sekolah Vokasi

Baca juga: Contoh Soal TPA Pascasarjana 2023

Ragam Seleksi Program Pascasarjana

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana mencakup beragam jalur seleksi:

Jalur Biaya Sendiri

Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.

Jalur Kerja sama

Diperuntukkan bagi:

Calon pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga atau instansi pemberi beasiswa harus menyertakan surat penetapan sebagai penerima beasiswa sebagai bukti. Selain itu, calon pendaftar yang pendidikannya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM perlu melampirkan memorandum of understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang masih berlaku sebagai bukti. Pilihan mitra kerja sama dapat dipilih saat mengisi pendaftaran secara online.

Jalur Pelamar Beasiswa

Diperuntukkan bagi pendaftar yang saat ini tengah mengajukan permohonan beasiswa kepada berbagai lembaga, instansi, atau pihak pemberi beasiswa.

Jalur Berbasis Penelitian (by research)

Diperuntukkan bagi calon mahasiswa program Magister atau Doktor yang sudah memiliki pengalaman dalam penelitian dan publikasi sebelumnya. Program ini bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan publikasi.

Jalur Internasional

Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).

Baca juga: Tips Lulus TPA Bappenas

Contoh Soal TPA Bappenas UGM Numerik

  1. 24 adalah berapa persen dari 30?

A. 50

B. 60

C. 70

D. 80

E. 90

 

2. 0,875 x 8/7 = …

A. 0,75

B. 1

C. 1,25

D. 2

E. 2,5

 

3. Jika 5 < A < 9 dan 8 < B < Jika 5 < A < 9 dan 8 < B < 12 maka 12 maka

A. A > B

B. A < B

C. A dan B tidak dihitung

D. A = B

E. 2A = 3B

 

4. Jika 4 < A < 6 dan 2 < B < 8, maka manakah pernyataan di bawah ini yang benar?

A. A > B

B. A < B

C. A > 2B

D. 2A > B

E. A dan B tidak dihitung

5. Pembelian barang A selama bulan Februari adalah 1000 unit dengan harga Rp7.500.000,- dan barang B sebanyak 500 unit seharga Rp3.500.000,- maka …

A. A > B

B. A < B

C. A = B

D. A dan B tidak dapat ditentukan

E. A dan B tidak dihitung

 

6. Sebuah bejana berbentuk silinder berisi air 1/3 ya. Jika kemudian ditambah air sebanyak 3 Jika kemudian ditambah air sebanyak 3 liter lagi, bejana ini akan berisi kira-kira ½ nya. Berapa literkah kapasitas bejana itu?

A. 18 liter

B. 15 liter

C. 24 liter

D. 27 liter

E. 30 liter

7. 1, 3, 6, 10, 15, 21, … Berapa jumlah berikutnya dalam deret ini?

A. 22

B. 27

C. 28

D. 25

E. 24

 

8. Seri huruf: E, H, A, J, M, B selanjutnya … selanjutnya…

A. P, s

B. P, t

C. O, q

D. O, r

E. O, s

9. Hasil kali dua bilangan cacah adalah 1,080. Salah satu bilangan tersebut adalah 18, maka bilangan yang lain adalah…

A. 20

B. 60

C. 30

D. 54

E. 90

10. Doni simpan uang di Doni simpan uang di Bank BNI sebesar Rp. 200.000,-. Bank BNI sebesar Rp. 200.000,-. Bunga 1 tahun sebes Bunga 1 tahun sebesar 13,4%. Berapa ar 13,4%. Berapa total uang Doni setelah 1 tahun?

A. 225.700,-

B. 226.400,-

C. 226.800,-

D. 227.100,-

E. 228.250,-

 

11. Diketahui X = a + b dan Y = a – b , bila a > b dan keduanya bilangan bulat positif, maka …

A. X > Y

B. X < Y

C. X bernilai negatif

D. X = Y

E. Y bernilai positif

12. Seorang pekerja bekerja 8 jam sehari, dalam seminggu 4 hari kerja. Pekerja tersebut menerima upah Rp 3500 per jam kerja dan Rp 5000 per jam lembur. Dalam seminggu ia menerima upah Rp 72.000. Berapa jamkah ia bekerja?

A. 18

B. 22

C. 16

D. 24

E. 20

13. Selisih dari 0,75 x 4/3 dan 1/2 : 2 adalah

A. 0

B. 0,25

C. 0,75

D. 1

E. 1,25

 

14. Jika n/7+n/5 = 12/3 dan n/7+n/5 = 12/35, maka n sama dengan 5. Jika n/7+n/5 = 12/49, maka n sama dengan…

A. 35

B. 1

C. 6

D. 7

E. 13

 

15. Jika 3 < p < 8 dan 1<q<2, maka manakah pernyataan berikut yang selalu memberikan nilai pq?

A. 2 < pq < 8

B. 1 < pq < 2

C. 0 < pq < 16

D. 1 < pq < 16

E. 3 > pq >8

Baca juga: TPA Bappenas UGM

Klasifikasi Skor TPA UGM

Penghitungan skor untuk ujian PAPS, GMST, dan TKDA dilakukan dengan konversi ke dalam metrik CEEB (College Entrance Examination Board). Skor yang dihasilkan dalam metrik ini merupakan skor standar dengan rerata 500 dan deviasi standar 100. Dengan kata lain, individu yang memiliki skor mendekati 500 memiliki kemampuan yang setara dengan rata-rata individu dalam populasi.

Skor yang dihasilkan melalui prosedur ini berskala interval, yang berarti bahwa perbedaan antara skor memiliki makna yang jelas. Sebagai contoh, individu dengan skor 500 dalam skala CEEB memiliki kemampuan dua kali lipat lebih tinggi daripada individu dengan skor 250. Ini berbeda dari skor total, yang mungkin bersifat ordinal dan hanya menunjukkan urutan tanpa menggambarkan perbedaan sebenarnya dalam kemampuan.

  • Kategori Rendah (200 hingga 449)

Individu yang mencerminkan skor ini seringkali memiliki keterbatasan dalam kemampuan mereka untuk mengelola informasi. Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam menangkap pola hubungan antara ide atau fakta yang saling terkait. Meskipun mereka memiliki pemahaman konseptual, mereka mungkin masih kesulitan dalam memahami persamaan atau perbedaan antara konsep-konsep yang sudah dikenal.

Dalam situasi praktis, individu dengan profil ini mungkin menghadapi kesulitan ketika diminta untuk membuat peta klasifikasi mengenai suatu konsep atau menghubungkan ide-ide sederhana yang tidak memiliki banyak aspek. Mereka cenderung memiliki strategi terbatas dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan hubungan dan pola yang kompleks.

  • Kategori Rata-Rata (450 hingga 549)

Individu dalam kategori ini memiliki potensi kognitif yang optimal, yang memungkinkan mereka untuk mengelola informasi dengan lebih baik, terutama dalam situasi-situasi yang sederhana. Kemampuan individu dalam mengatasi informasi lebih berkembang, yang memungkinkan mereka untuk memahami hubungan dan pola dengan lebih baik.

Namun, individu dalam kategori ini masih mungkin mengalami kesulitan ketika bekerja di bawah tekanan waktu, karena kemampuan mereka terbatas dalam menggeneralisasi pola yang mereka temukan ke situasi yang baru. Dalam kehidupan praktis, individu mungkin cenderung kesulitan membedakan antara konsep dan fakta, bahkan ketika aturan atau kriteria untuk membedakan keduanya sudah diberikan.

  • Kategori Tinggi (550 hingga 800)

Individu dalam kategori ini memiliki potensi kognitif yang sangat besar. Mereka mampu beradaptasi dengan situasi yang kompleks yang mengharuskan kemampuan kognitif dari berbagai jenis (verbal, numerik, figural), konteks (fakta, ide), dan tingkat kompleksitas yang beragam. Individu ini cenderung dapat bekerja efektif di bawah tekanan waktu karena kapasitas kognitif mereka telah mencukupi untuk menerapkan konsep yang ditemukan dalam berbagai situasi yang berbeda.

Baca juga: Pelatihan TPA UGM

Tips Persiapan Ujian UGM

Soal TPA Bappenas UGM Numerik

  • Pelajari Materi Dasar: Pastikan Anda memahami konsep-konsep dasar dalam matematika, termasuk operasi aritmatika, aljabar dasar, geometri, dan statistik.
  • Latihan soal: Latihan soal sangat dianjurkan. Manfaatkan buku latihan dan sumber online yang menawarkan berbagai soal TPA Bappenas UGM numerik untuk memperdalam pemahaman Anda dalam materi ini. Cobalah untuk memecahkan berbagai jenis soal untuk meningkatkan pemahaman Anda.
  • Manajemen Waktu: Praktekkan mengerjakan soal-soal dengan batasan waktu. Ini akan membantu Anda meningkatkan kecepatan dalam menjawab soal numerik.
  • Perhatikan Petunjuk: Bacalah dengan seksama petunjuk dan informasi yang terkandung dalam setiap soal. Terkadang, informasi penting dapat tersembunyi dalam teks soal.
  • Gunakan Strategi Perkiraan: Jika Anda kesulitan menjawab suatu soal dengan tepat, gunakan estimasi atau perkiraan yang masuk akal untuk memilih jawaban yang paling mendekati.
  • Jangan Panik: Jika Anda menghadapi soal yang sulit, jangan panik. Coba untuk tenang dan berpikir logis. Jika Anda merasa tersendat pada satu soal, lanjutkan ke soal berikutnya, dan kembali lagi jika ada waktu tersisa.

Persiapan yang efektif untuk menghadapi tes numerik TPA Bappenas UGM memerlukan praktek dan konsistensi. Selain menjawab soal-soal latihan, juga bijaksana untuk mencari nasehat dari tutor atau teman yang telah berpengalaman dalam menghadapi tes ini. Bimbingan belajar dengan Bimbel Sukses TPA merupakan salah satu pendekatan yang sering dipilih oleh calon mahasiswa yang ingin berhasil dalam ujian ini.
Program bimbingan belajar (bimbel) Sukses TPA dapat memberikan Anda strategi yang efektif dalam menghadapi ujian tulis yang menjadi salah satu tahap seleksi ujian Pascasarjana. Bimbel sukses TPA tidak hanya membantu Anda mengasah kemampuan akademik, tetapi juga memberikan wawasan tentang cara menghadapi soal-soal dengan percaya diri.

Mengapa Bimbel Sukses TPA adalah Pilihan Terbaik?

Kami mempunyai program unggulan yang salah satunya untuk anda yang ingin melanjutkan Studi di Universitas Gadjah Mada. Dengan Bimbingan belajar dan materi yang lengkap, anda akan lolos dalam seleksi ujian UGM. Beberapa keunggulan Bimbel Sukses TPA yaitu:

  1. Try Out dengan sistem CAT

Try Out dengan sistem Computer-Based Testing (CAT) memberikan peserta kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian melalui platform berbasis website.

2. Laporan skor hasil Try Out

Setelah menyelesaikan Try Out, peserta akan segera mendapatkan laporan skor hasil ujiannya, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk Try Out berikutnya.

3. Pembahasan via Video dan PDF

Pembahasan Try Out disediakan dalam dua format, yaitu melalui video dan PDF, sehingga peserta memiliki fleksibilitas dalam memilih cara terbaik untuk mempelajari materi.

4. Materi pembahasan bisa diulang-ulang

Selain itu, materi pembahasan dapat diakses berulang-ulang kali, memberikan kesempatan untuk memahami konsep secara mendalam.

5. Fleksibel waktu dan tempat

Fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat adalah salah satu keunggulan dari Try Out ini. Anda bisa menjalankan Try Out kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kenyamanan Anda.

Anda memiliki kebebasan untuk memilih program belajar yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Terdapat berbagai pilihan paket belajar yang dapat Anda eksplorasi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan di sini.

Dengan persiapan yang matang, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai skor yang baik dalam tes numerik TPA dan meraih kesuksesan dalam seleksi masuk Program Studi Pascasarjana di UGM. Semoga berhasil!

Penasaran dengan program unggulan lainnya?, Yuk klik website kami untuk informasi jelasnya!

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas