Soal TPA Gratis

Soal TPA Gratis

 

Soal TPA Gratis, Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional.

Soal TPA Gratis

Soal TPA Gratis

Saat ini, TPA  telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3.

TPA digunakan oleh Universitas baik Negeri maupun swasta (PTN/PTS)  sebagai Seleksi Calon mahasiswa untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kepribadian dari seorang calon mahasiswa. TPA merupakan salah satu dari ujian terulis dalam SBMPTN. Dalam proses seleksi mahasiswa baru, tidak jarang metode dengan mengunakan ujian TPA juga digunakan oleh Universitas baik Negeri maupun swasta untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kepribadian dari seorang calon mahasiswa, digunakan sebagai salah satu metode seleksi.

Ada banyak model Soal TPA, salah satu model TPA, yang mempunyai kemungkinan keluar adalah psikotes kemampuan Penalaran Analitik, yang biasanya ditujukan untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis, dan melakukan perhtungan denan cepat dan teliti dan metodis terhadap informasi yang diberikan.

SOAL TPA GRATIS

Adapun, Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Dibawah ini adalah beberapa contoh soal tpa gratis, yang dapat anda coba :

  1. Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Contoh soal TPA Gratis :

Pilihlah satu jawaban yang bermakna sama atau paling mendekati kata yang dicetak dengan huruf besar.

BAKA

A. Sebentar

B. Selamanya

C. Abadi

D. Elabolasi

E. Bertahan Lama

HAKIKAT

A. Kesalahan

B. Kebenaran

C. Pedoman

D. Asaz

E. Teori

  1. Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Contoh Soal TPA Gratis :

Pilihlah satu jawaban yang merupakan kelanjutan seri huruf atau seri bilangan

1,  7,  8,  19,  27,  37,  64,  61, 125,  …

A. 89

B. 90

C. 91

D. 92

E. 93

11,  2,  13,  4,  15,  6,  17,  8,  19,  …,  …

A. 10 dan 11

B. 10 dan 12

C. 20 dan 21

D. 10 dan 21

E. 20 dan 22

  1. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Contoh Soal TPA Gratis :

Tidak semua orang pergi kerumah sakit karena sakit.

Saski pergi kerumah sakit.

Jadi :

A. Hari ini saski Sakit

B. Hari ini saski tidak sakit

C. Saski adalah seorang dokter

D. Rumah sakit adalah tempat orang sakit.

E. Hari ini saski belum tentu sakit

Semua ular tidak bertrelur dan semua yang bertelur adalah hewan. Jadi …

A. Ular bukan Hewan

B. Ular adalah mamalia

C. Ular bisa saja bertelur

D. Ular melahirkan anak

E. Ular adalah mamalia

  1. Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Sekian artikel mengenai soal TPA Gratis. Semoga contoh soal TPA Gratis diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Soal TPA Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp