Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021

Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021

Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021

 

Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021 – TPA OTO Bappenas adalah Tes Potensi Akademik Online (OTO) yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia. TPA OTO Bappenas merupakan salah satu persyaratan untuk masuk ke beberapa institusi pendidikan di Indonesia, seperti program magister (S2) di perguruan tinggi tertentu, pelatihan, dan seleksi masuk instansi pemerintah.

Tes ini bertujuan untuk mengukur potensi akademik, kemampuan berpikir logis, analitis, dan kemampuan pemecahan masalah calon peserta. Tes Potensi Akademik memiliki beberapa bagian, termasuk bagian analogi, serilogi, aritmetika, pemahaman bacaan, dan lainnya.

Setiap institusi atau program akademik yang menggunakan Soal TPA OTO Bappenas mungkin memiliki standar passing grade (nilai ambang batas) yang berbeda untuk kelulusan. Oleh karena itu, penting bagi calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes ini.

Dalam prakteknya, materi tes potensi akademik umumnya terdiri-dari empat jenis tes, antara lain:

  • Tes gambar atau spasial
  • Tes logika
  • Tes angka
  • Tes verbal

Tes potensi akademik (TPA) sering kita temukan pada berbagai acara yang diselenggarakan untuk keperluan seleksi atau kepentingan tertentu. Tes potensi akademik disebut juga tes yang diadakan untuk mengetahui kadar kecerdasan atau intelektual seseorang.

Tes semacam ini biasanya diadakan oleh sebuah universitas negeri maupun swasta dalam proses ujian penerimaan mahasiswa baru. untuk mendapatkan calon mahasiswa dan mahasiswi yang terbaik.Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021Dari hasil tes potensi akademik akan dapat diketahui kadar kecerdasan seseorang. Semakin tinggi kecerdasan intelektualnya maka akan semakin mudah soal tes potensi akademik dikerjakan secara baik dan benar. Namun agar berhasil dalam seleksi ini tentunya perlu persiapan mengikuti tes potensi akademik.

Berbagai perusahaan besar milik pemerintah dan swasta juga sering mengadakan tes potensi akademik (TPA) dalam proses rekrutmen calon tenaga karyawan di perusahaannya. Hal ini berguna supaya didapatkan karyawan yang cerdas dan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Baca juga: Tes TPA Dan Pembahasan Online Analogi

Persiapan Mengikuti Tes Potensi Akademik

Bagi sebagian orang yang ingin masuk perguruan tinggi negeri atau CPNS, tes potensi akademik merupakan hal yang menakutkan. Mereka khawatir dengan tes ini akan bisa membuat mereka tak lolos dalam proses seleksi SBMPTN atau CPNS. Namun semua itu tak lagi menakutkan jika anda mengenal dengan sangat baik apa itu tes potensi akademik beserta soal-soal dan jawabannya.

Berikut ini beberapa persiapan mengikuti tes potensi akademik, antara lain:

  • Mempelajari soal-soal tes potensi akademik dan kunci jawaban pdf online maupun offline lewat buku tes potensi akademik pdf
  • Mempelajari semua contoh soal tes potensi akademik beserta kunci jawabannya dari tahun 2020 sampai tahun 2021.
  • Mengikuti pelatihan persiapan tes potensi akademik yang banyak diselenggarakan berbagai lembaga bimbel.
  • Membeli buku panduan persiapan mengikuti tes potensi akademik (TPA) yang tersedia di internet dan marketplace

Contoh Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021

  1. PUSKESMAS : SEHAT = …. : ….

A. Masjid : Ibadah

B. Karyawan : Gaji

C. Sekolah : Pandai

D. Sakit : Dokter

E. Yoga : Sembuh

Jawaban: D. Sakit : Dokter

Analogi di sini adalah hubungan antara tempat dengan keadaan atau aktivitas yang berhubungan dengannya. Puskesmas adalah tempat di mana orang mendapatkan perawatan kesehatan untuk menjadi sehat. Jadi, hubungannya adalah antara ‘Puskesmas’ dan ‘Sehat’. Dalam pilihan jawaban, ‘Sakit’ berhubungan dengan ‘Dokter’ karena dokter adalah orang yang memberikan perawatan untuk menyembuhkan penyakit.

 

  1. SUSU : HEWAN = …. : ….

A. Cat : Tembok

B. Bola : Piring

C. Kaca : Jendela

D. Buah : Pohon

E. Gelas : Teko

Jawaban:D. Buah : Pohon

Analogi di sini adalah hubungan antara produk dan sumbernya. Susu berasal dari hewan (sapi, kambing, dll.), sedangkan buah berasal dari pohon (apel, jeruk, mangga, dll.)

 

  1. KAMBING : RUMPUT = …. : ….

A. Ayam : Jagung

B. Rumah : Orang

C. Kelapa : Nyiur

D. Ular : Singa

E. Neraka :Setan

Jawaban: A. Ayam : Jagung

Analogi di sini adalah hubungan antara hewan dan makanan utamanya. Kambing memakan rumput, sama seperti ayam yang memakan jagung.

Baca juga: Latihan Soal TPA Bappenas Logika

  1. KAPAL : BURITAN = BURUNG : …

A. Bulu

B. Tulang

C. Ekor

D. Dahan

E. Sayap

Jawaban:E. Sayap

Analogi di sini adalah bagian kapal dan bagian burung. Buritan adalah bagian belakang kapal, dan pada burung, sayap berfungsi seperti buritan pada kapal.

 

  1. PANTAI : RESOR

A. Bukit : Laut

B. Hujan : Basah

C. Gunung : Vila

D. Laut : Pesiar

E. Gunung : Bukit

Jawaban: C. Gunung : Vila

Analogi di sini adalah hubungan antara tempat dengan akomodasi atau tempat menginap yang berhubungan dengannya. Pantai biasanya memiliki resor sebagai tempat menginap, sedangkan gunung biasanya memiliki vila sebagai tempat menginap.

 

  1. HUMOR : KOMEDIAN

A. Klimaks : Drama

B. Memori : Amnesia

C. Perceraian : Pernikahan

D. Heroisme : Epik

E. Sintaksis : Kata

Jawaban: D. Heroisme : Epik

Analogi di sini adalah hubungan antara sifat atau karakteristik dengan tokoh atau figur yang berhubungan dengannya. Humor sering diasosiasikan dengan komedian karena komedian adalah orang yang menyajikan humor. Sama seperti itu, heroisme sering dihubungkan dengan epik karena epik sering menggambarkan kisah-kisah pahlawan dan perbuatan heroik.

 

  1. GEOLOGI : ILMU

A. Kimia : Senyawa

B. Teori : Praktek

C. Biologi : Laboratorium

D. Beringin : Pohon

E. Astronomi : Galaksi

Jawaban: C. Biologi : Laboratorium

Analogi di sini adalah hubungan antara bidang studi dengan tempat di mana penelitian dan eksperimen dilakukan. Geologi adalah ilmu yang berhubungan dengan studi tentang bumi, dan penelitian geologi sering dilakukan di lapangan. Sebagai perbandingan, biologi adalah ilmu yang berhubungan dengan studi tentang kehidupan, dan penelitian biologi sering dilakukan di laboratorium.

Baca juga: TPA Pascasarjana UI

  1. PROVINSI : KABUPATEN : KECAMATAN = … : … : …

A. Tinggi : Besar : Kecil

B. Gubernur : Bupati : Camat

C. Akar : Batang : Daun

D. Ayah : Ibu : Anak

E. Akar : Ranting : Daun

Jawaban: B. Gubernur : Bupati : Camat

Analogi di sini adalah hubungan antara tingkatan wilayah administrasi dengan kepala pemerintahannya. Provinsi dipimpin oleh seorang gubernur, kabupaten dipimpin oleh seorang bupati, dan kecamatan dipimpin oleh seorang camat.

 

  1. KORAN : MAKALAH : BULETIN = ….

A. Restoran : Hotel : Losmen

B. Cat : Kuas : Lukisan

C. Sandal : Sepatu : Kaos

D. Air : Roti : Singkong

E. Bus : Kereta Api : Delman

Jawaban: A. Restoran : Hotel : Losmen

Analogi di sini adalah hubungan antara jenis penerbitan dengan isi atau informasi yang terkandung di dalamnya. Koran berisi berita dan laporan, seperti halnya makalah berisi artikel ilmiah atau analisis, dan buletin berisi ringkasan atau informasi singkat. Dalam pilihan jawaban, restoran berbeda dengan hotel dan losmen dalam jenis pelayanan dan jenis masakan yang ditawarkan.

 

  1. BUSUR : GARIS = ….

A. Terbenam : Terbit

B. Tangkap : Lempar

C. Tombak : Busur

D. Busur : Panah

E. Relatif : Absolut

Jawaban: B. Tangkap : Lempar

Analogi di sini adalah hubungan antara aksi yang dilakukan oleh objek dengan alat yang digunakan untuk melakukannya. Busur digunakan untuk menembakkan panah pada garis sasaran, begitu pula tangkap menggunakan lempar untuk melempar objek ke arah garis sasaran.

 

Demikian lah Contoh Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021 sebagai persiapan kalian kalian tes TPA OTO Bappenas, semoga Contoh Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021 ini membantu dalam belajar kaian yaa..

Buat kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam seleksi tes masuk perguruan tinggi atau tempat kerja lainnya , yuk join Bimbel Kami di Bimbel Sukses TPA. Bimbel Sukes TPA menyediakan pembelajaran yang terbaik dan juga dengan tutor yang asik lhoo. Yuk, buruan daftarkan diri kalian di Bimbel Sukses TPA!!

 

Soal TPA OTO Bappenas Analogi 2021

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas