Tes TPA Bappenas 2019

Metode Tes Potensi Akademik

Tes TPA Bappenas 2019

 

Tes TPA Bappenas 2019 – TPA dirancang untuk mengungkap potensi intelektual, yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan mengikuti jenjang pendidikan S2 atau S3.

Tes TPA Bappenas 2019

 

SEJARAH

Organisasi penyedia layanan Tes Potensi Akademik (TPA), berkembang dari waktu ke waktu, sejalan dengan perkembangan penggunaan dan pengguna alat tes itu sendiri. Sebagai alat tes, TPA pertama kali dikembangkan bersamaan dengan berdirinya Overseas Training Office(OTO) di Bappenas pada tahun 1984. Tugas OTO Bappenas pada waktu itu adalah mengelola dan mengkoordinasikan dana hibah luar negeri untuk peningkatan SDM khususnya PNS melalui program beasiswa S2 dan S3 luar negeri. Mengingat besarnya calon peserta dan tuntutan akan adanya kredibilitas untuk memilih calon peserta serta untuk menjamin keberhasilan penyelesaian studi peserta program yang diselenggarakan OTO Bappenas, dikembangkan suatu alat seleksi sejenis advanced level scholastic aptitude test (SAT) yang telah diterapkan secara luas di Amerika Serikat, dalam bahasa Indonesia. Konsep TPA dirancang mengikuti model Graduate Record Examination Aptitude Test (GRE) yang telah diterapkan secara luas di Amerika Serikat. Keputusan ini diambil karena sebagian besar calon mahasiswa dikirm ke universitas di Amerika Serikat yang menuntut calon lolos saringan GRE. Disamping itu, penelitian di Amerika Serikat menunjukan angka total GRE lebih valid dibanding indeks prestasi undergraduate sebagai alat prediksi keberhasilan dalam pendidikan pascasarjana. Dari pelaksanaan tes pertama tersebut ternyata mendapat sambutan positif dari departemen dan lembaga non departemen yang menyatakan bahwa TPA sangat sesuai digunakan sebagai salah satu alat seleksi bagi calon peserta program S2 dan S3 luar negeri. Dari analisis item soal-soal TPA menunjukan bahwa validitas dan reliabilitas TPA cukup tinggi. Untuk menjaga kualitas dan kredibilitas TPA, Koperasi Bappenas secara periodik bekerjasama dengan konsultan dan lembaga, baik dari dalam maupun luar negeri, dalam pengembangan TPA. Selain itu, OTO Bappenas juga terus memperbaiki sistem pendaftaran, pengadaan bahan, pelaksanaan tes, penilaian (skoring), dan penyampaian hasil kepada peserta. Pada perkembangan selanjutnya, TPA tidak hanya digunakan sebagai alat seleksi untuk program beasiswa S2 dan S3 luar negeri saja, namun juga digunakan sebagai alat seleksi penerimaan mahasiswa program S2 dan S3 oleh sebagian besar perguruan tinggi negeri dan swasta. Selain itu TPA juga kemudian dipergunakan sebagai alat seleksi penerimaan pegawai baru dan mutasi/promosi jabatan oleh departemen/lembaga non departemen di pusat dan daerah, BUMN/BUMD dan perusahaan swasta. Sebagai organisasi penyedia layanan, OTO Bappenas sebagai penyedia layanan di bawah lembaga pemerintah, sekarang telah diganti oleh lembaga berbadan hukum independen: Koperasi Pegawai Bappenas atau disebut juga dengan nama Koperasi Perencanaan. Koperasi Perencanaan memiliki unit khusus yang melayani permintaan penyelenggaraan TPA dan tes lain-lainya, yakni: Unit Usaha Otonom Penyelenggaraan Tes (UUO PT).

Fungsi TPA (Tes Potensi Akademik) Bappenas

  • Persyaratan masuk S2/S3.2. Persyaratan mengikuti beasiswa.3. Persyaratan mendaftar sebagai pegawai BUMN/Swasta.4. Persyaratan untuk promosi naik jabatan. Bedanya TPA Bappenas dengan yang lain adalah selain penyelenggaranya yaitu tingkat kesulitan soal dan biayanya.

Berdasarkan survei soal yang dikeluarkan oleh OTO Bappenas lebih sulit daripada lembaga lainnya. Begitu juga biaya pendaftarannya lebih mahal.  Kalian tidak perlu khawatir akan kesulitan soalnya atau biaya yang mahal. Peserta TPA Bappenas akan mendapatkan beberapa hak yang tidak diperoleh mengikuti tes TPA di lembaga lainnya sebagai berikut:

Keunggulan TPA Bappenas – Tes TPA Bappenas 2019

Diantaranya:

  • Cara mendaftar mudah melalui online.
  • Nilai lebih cepat keluar, biasanya 3-4 hari kerja.
  • Sertifikat bisa diambil langsung di kantor atau diantarkan sesuai permintaan peserta setelah nilai keluar.
  • Sertifikat TPA Bappenas diakui secara nasional. Banyak yang mensyaratkan TPA Bappenas daripada yang lainnya.

Cara Mendaftar TPA Bappenas

Diantaranya:

  • Buka webnya ( koperasi.bappenas.go.id ), lalu cek jadwal yang tersedia tiap bulannya.
  • Segera melakukan pembayaran melalui ATM BNI ditransfer pada no rekening tujuan. Jangan transfer mendekati batas akhir pendaftaran karena mempengaruhi kuota yang hanya terbatas. Kalau biaya yang saya ikuti TPA Bappenas di Jakarta adalah Rp. 380.000,00. Biayanya bisa berbeda sesuai penyelenggaranya.
  • Siapkan scan dalam bentuk jpg atau foto KTP, Ijazah terakhir dan bukti transfer. Ada persyaratan minimal pendidikan D3 yang boleh mengikuti TPA Bappenas.
  • Mengisi biodata diri di web dan melengkapi semua berkas yang dibutuhkan harus diupload.
  • Menunggu balasan konfirmasi email.
  • H-2 diberitahukan jadwal waktu dan tempatnya melalui email. Jika berhalangan di hari H, minimal H-2 harus mengkonfirmasi melalui surat tertulis untuk menunda jadwal test ke hari lain. Jadwal hanya bisa ditunda satu kali, jika mengkonfirmasi lebih dari H-2 dan berhalangan hadir maka biaya dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.

Soal-Soal Tes TPA Bappenas 2019

Peserta harus tiba di lokasi 30 menit sebelum tes dimulai. Lalu, mencari ruangan yang ditempel oleh petugas dilanjut registrasi ulang. Membawa KTP asli, bukti transfer asli dan foto berwarna 3×4 sebanyak 2 buah. Jika sudah tiba waktunya, akan dipersilahkan masuk oleh pengawas. Dalam satu ruangan terdapat 4-5 pengawas yang terdiri pengawas utama dan pendamping.

Peserta diberikan kesempatan untuk ke kamar mandi terlebih dahulu sebelum tes. Setelah pengawas utama membaca peraturan, salah satu perwakilan peserta membuka soal yang masih disegel diletakkan dalam koper. Lalu dibagikan lembar jawaban, buku soal dan lembar kuisioner oleh pengawas pada masing-masing peserta. Peraturannya adalah di atas meja hanya ada pensil 2B, penghapus, rautan, KTP dan kartu pengenal peserta yang diperoleh waktu registrasi ulang.

Materi Tes TPA Bappenas 2019

Tes verbal – Tes TPA Bappenas 2019

berfungsi untuk mengukur kegesitan mental seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita.

Tes angka – Tes TPA Bappenas 2019

berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

Tes figural  – Tes TPA Bappenas 2019

berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang berurusan dengan gambar, simbol dan diagram. Tes ini meliputi tes logika diagram.

Soal TPA OTO Bappenas terdiri atas 250 soal dengan waktu pengerjaan 3 jam. Soal dibagi dalam 3 subtes, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran.

 

Jadwal Tes TPA Bappenas 2019

Berikut jadwal Tes TPA Bappenas 2019 :

Jenis Ujian Tanggal Ujian Tempat Ujian Penyelenggara
TPA 20 Januari 2019 Gedung Bappenas Pusat UUO PT Koperasi Pegawai Bappenas
TPA 26 Januari 2019 Pop! Hotel BSD City Emriz Test Serpong
TPA 26 Januari 2019 UPT BAHASA UNS UPT BAHASA UNS
TPA 27 Januari 2019 SPS IPB SPS IPB

Berikut tips mendapatkan skor > 575 Tes TPA Bappenas 2019

  • BELAJAR – Tes TPA Bappenas 2019

Belajar akan lumayan membantu untuk meningkatkan skor. Merefresh otak kembali dari pelajaran yang dulu terlupa. Misalnya beberapa kata di verbal dalam buku TPA. Untuk matematika, dengan belajar kita jadi mengulang kembali soal-soal matematika misalnya soal susul-menyusul waktu, satuan ukuran, rumus bangun ruang. Untuk penalaran, ada rumusnya sehingga kita bisa lebih cepat dan benar dalam menyelesaikan penalaran logis.

  • PAHAMI JENIS SOAL YANG AKAN KELUAR – Tes TPA Bappenas 2019

Supaya tepat sasaran, kita sebaiknya tahu apa saja jenis soal TPA. Ada tiga subtes dengan jumlah 250 soal dengan waktu pengerjaan 60 menit per subtesnya.          Tes TPA Bappenas 2019

Untuk lebih jelasnya, seperti apa soalnya dapat dilihat di buku-buku TPA yang tersedia, kalau saya saat ini punya tiga buku (niat yee) yang saya pelajari:

  • Referensi Pintar TPA Pascasarjana S2/S3 karangan Raditya Panji Umbara
  • Masterpiece TPA Versi OTO Bappenas karangan Tim Litbang Media Cerdas
  • TOP Update PAKAR TPA Tembus Skor 700+ Versi Oto Bappenas.

 

  • PERSIAPAN – Tes TPA Bappenas 2019

Misalnya:

  • Jangan lupa bawa form pendaftaran dan bukti transfer
  • Survey lokasi
  • Datang jangan ngepas waktunya
  • Sarapan dulu sebelum ujian
  • Bawa jaket buat persiapan (tes yang kedua, ruangan ACnya dingiiiinnn betul)
  • Peralatan-peralatannya jangan ketinggalan (pensil, penghapus)
  • Persiapan air minum (agar bisa lebih konsentrasi)

 

  • BERSERAH DIRI DAN BERDOA – Tes TPA Bappenas 2019

Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Kesuksesan menurut saya adalah apapun hasilnya ketika kita menengok kebelakang tidak ada lagi penyesalan karena kita sudah melakukan usaha terbaik semampu kita. Mungkin kita kurang di satu sub tes, tapi nilai kita terangkat di sub tes lain jadi masih ada harapan untuk mendapatkan skor yang kita targetkan, karena kan penjumlahannya dibagi 3.              Tes TPA Bappenas 2019

Soal Tes TPA Bappenas 2019

Tes TPA Bappenas 2019 Persamaan Kata (Sinonim) 

Pilih satu jawaban yang paling sama artinya dengan kata yang tercetak KAPITAL

 

1.EKSKAVASI

A.Pengeboran

B.Pemindahan

C.Penggalian

D.Penyulingan

E.Pengangkutan

 

2.ARKETIPE

A.Simbol

B.Model

C.Arsip

D.Fosil

E.Artefak

 

3.EKSENTRIK

A.Aneh

B.Unik

C.Antik

D.Artistik

E.Etnik

 

4.PEMANTULAN

A.Refleksi

B.Refraksi

C.Transformasi

D.Transmisi

E.Transmutasi

 

5.KULMINASI

A.Keadaan emosi seseorang

B.Tempat untuk mendinginkan

C.Sumbu bumi

D.Panas terik matahari

E.Tingkatan yang tertinggi

 

Tes TPA Bappenas 2019 Lawan Kata (Antonim)

Pilih satu jawaban yang paling berlawanan artinya dengan kata yang tercetak KAPITAL

 

6.DISKREPANSI ><

A.Kecocokan

B.Ketimpangan

C.Keterkaitan

D.Keseragaman

E.Keakraban

 

7.TENTATIF ><

A.Cepat

B.Lancar

C.Praktis

D.Pasti

E.Tepat

 

8.NISBI ><

A.Benar

B.Penting

C.Harus

D.Mutlak

E.Pasti

 

9.LATEN ><

A.Tersembunyi

B.Jelas

C.Tampak

D.Terang

E.Ada

 

10.SPORADIS ><

A.Sering

B.Sembarangan

C.Terukur

D.Jarang

E.Serius

 

Tes TPA Bappenas 2019 Padanan Hubungan Kata (Analogi)

Pilih satu jawaban yang sesuai dengan pola kata yang tercetak KAPITAL

11.PETANI : TRAKTOR =

A.Raja : kereta

B.Dalang : cerita

C.Dokter : mobil

D.Nelayan : jaring

E.Sopir : sepeda

 

12.SENAPAN : BERBURU =

A.Kapal : berlabuh

B.Kereta : langsir

C.Pancing : ikan

D.Parang : mengasah

E.Perangkap : menangkap

 

13.MOBIL : GARASI = PESAWAT :

A.Bandara

B.Landasan

C.Stasiun

D.Pelabuhan

E.Hanggar

 

14.OPTIMISME : SEMANGAT = PESIMISME :

A.Kegagalan

B.Kekecewaan

C.Kebimbangan

D.Keberanian

E.Keputusasaan

 

15.WARTEG : NASI RAMES = ANGKRINGAN :

A.Nasi liwet

B.Nasi gudeg

C.Nasi uduk

D.Nasi goreng

E.Nasi kucing

 

16.1/3 4/5   3/2   8/3   5   …              Tes TPA Bappenas 2019

A.12

B.10

C.9/5

D.5/2

E.3/5

 

17.405    127    278    128    150    129   …

A.427

B.12

C.249

D.21

E.247

 

18.-8271     16542      24813      -8270     16540     24810     -8269   …

A.16538   24813

B.16538   24807

C.-16542   24807

D.16542   24813

E.16542   -24807

 

19.3    2     4     6     8     7     9     …     13     12

A.12

B.11,5

C.11

D.10,5

E.10

 

20.100%    4/3     ¾    -2/3     ½      -8/3    …

A.25%   -4/3

B.1/4     125%

C.25%   -4,67

D.0%     -1,33

E.1/4        -1,67

 

21.Sebuah bangun ruang berada di atas lantai dan disusun oleh 12 kubus-kubus kecil yang bervolume 8 cm³.  Tinggi  bangun  ruang  tersebut  adalah 2  kubus  dan  ternyata  tingginya  sama  dengan  lebar bangun  ruang    Jika  bangun  ruang  tersebut  dijadikan  meja  dan  diatasnya  diberi  taplak berbentuk segi empat yang semua ujung-ujungnya  menyentuh lantai sehingga tidak terlihat lagi kubus-kubus kecil tersebut, maka berapakah luas taplak yang dibutuhkan ?          Tes TPA Bappenas 2019

A.100 cm²

B.144 cm²

C.168 cm²

D.188 cm²

E.200 cm²

 

22.Sebuah kolam  air  mancur  berbentuk  lingkaran  yang  kelilingnya  44    Sekeliling  kolam  tersebut dibangun jalan yang lebarnya 3,5 m. Berapakah luas jalan yang dibangun?              Tes TPA Bappenas 2019

A.154 m²

B.192,5 m²

C.346,5 m²

D.539 m²

E.500,5 m²

 

23.Fory mengadakan pesta untuk pertama kali. Dia mengundang 10 kawan perempuan dan 15 kawan laki-lakinya serta  menghabiskan  roti  6,5    Kemudian  dia  mengadakan  pesta  kedua  dan mengundang 25 kawan laki-laki dan 20 kawan perempuan serta menghabiskan roti 15 Kg. Jika Fory ingin mengundang 50 kawan perempuan dan 50 kawan laki-lakinya, sedangkan dia masih punya 10 Kg roti, berapa Kg roti lagi yang harus dia persiapkan?

A.43,75 Kg

B.32,5 Kg

C.31,75 Kg

D.42,5 Kg

E.52,5 Kg

 

24.Sheanie, Niesa, dan Dita masing-masing membawa lidi yang panjangnya 12 cm, 5 cm, dan 13 cm. Jika ujung-ujung lidi dipertemukan di atas tanah, maka luas tanah maksimal yang dibentuk dari lidi-lidi tersebut adalah …

A.65 cm²

B.30 cm²

C.60 cm²

D.780 cm²

E.156 cm²

 

25.Besar sudut pertama sebuah segitiga adalah dua kali besar sudut kedua. Sedangkan besar sudut ketiga adalah  lima  derajat  lebih  besar  daripada  sudut pertama.  Berapakah  ukuran  sudut  ketiga dikurangi sudut kedua?

A.75°

B.70°

C.40°

D.35°

E.5°

 

 

26.Satu galon bensin dituangkan ke dalam sebuah pengisi yang berbentuk seperti kubus yang panjang sisinya 7 inci. Berapakah kira-kira tinggi bensin dalam pengisi tersebut ? (1 galon = 231 inci kubik)

A.3,8 inci

B.4,2 inci

C.4,7 inci

D.5,2 inci

E.5,6 inci

 

27.Jika jari-jari lingkaran P adalah 60% dari jari-jari lingkaran Q, berapa persenkah luas lingkaran P dari luas lingkaran Q?

A.36

B.40

C.64

D.80

E.120

 

28.Ki Agus telah menjual barang dengan harga Rp 95.000,-, ia memperoleh laba 25% dari harga beli. Berapakah harga beli sebenarnya?

A.Rp 88.000

B.Rp 80.000

C.Rp 77.000

D.Rp 76.000

E.Rp 64.000

 

29.Cita bekerja  di  sebuah  pabrik  dari  jam 08.00  hingga  pukul  00.  Ia  diberikan  upah  Rp  800/jam. Apabila ia lembur, maka ia akan dibayar 50%/jam jika lewat dari jam 16.00. Jika ia menerima upah sebesar Rp 8.000 pada hari itu, maka pukul berapa ia pulang??

A.17.00

B.17.50

C.18.45

D.19.30

E.20.00

 

30.Lembaran seng lebarnya 18/3 kaki (delapan belas per tiga kaki). 1 kaki = 16 cm. Lembaran ini akan dipotong-potong menjadi  beberapa  bagian  yang  masing-masing  4  inchi  (1  inchi  =  1  ½  cm). Berapakah potongan yang akan dihasilkan dari lembaran tersebut…

A.18 potong

B.17 potong

C.16 potong

D.15 potong

E.14 potong

 

Tes TPA Bappenas 2019 Logika Analisa

Pilih satu jawaban dengan menggunakan Logika Analisa

31.Baju-baju yang dijual di toko pakaian “Mewah” tidak ada yang memiliki renda. Neni membeli sebuah baju berenda di toko pakaian remaja.

Kesimpulan:

A.Baju berenda hanya ada di toko pakaian remaja.

B.Neni tidak pernah membeli baju di toko pakaian “Mewah”

C.Di toko pakaian “Mewah” tidak ada pakaian remaja.

D.Toko pakaian “Mewah” adalah satu-satunya toko yang tidak menjual baju berenda.

E.Baju berenda Neni tidak dibeli di toko pakaian “Mewah”

 

32.Pabrik roti M hanya membuat roti dengan bahan dasar tepung beras atau tepung jagung. Untuk bulan ini, roti “pisang crispy” tidak dibuat dengan menggunakan tepung beras. Kesimpulan:

A.Roti “pisang crispy” selalu dibuat dengan menggunakan tepung jagung.

B.Untuk bulan ini pabrik roti M hanya membuat roti dengan bahan dasar tepung jagung.

C.Roti “pisang crispy” selalu dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras.

D.Pabrik roti M hanya membuat roti “pisang crispy” pada bulan ini.

E.Untuk bulan ini roti “pisang crispy” dibuat dengan menggunakan tepung jagung.

 

33.Setiap hari seluruh tiket masuk kebun binatang G habis terjual. Hari ini masih tersisa tiga buah tiket masuk cadangan kebun binatang. Kesimpulan:

A.Masih ada tiket cadangan yang tidak terjual pada hari libur.

B.Hari ini bukan hari libur maka tiket tidak terjual habis.

C.Hanya di kebun binatang G yang semua tiketnya terjual pada hari libur.

D.Tiket masuk cadangan kebun binatang G tidak terjual habis.

E.Tiket masuk kebun binatang G kadang tidak terjual habis.

 

34.Setiap boneka yang dijual di toko “imoet” mengenakan pakaian biru atau merah. Boneka Barbie yang dibeli Benny di toko “imoet” tidak mengenakan rok merah. Kesimpulan:

A.Benny membeli satu-satunya boneka Barbie di toko  “imoet”

B.Hanya toko “imoet” yang menjual boneka berpakaian biru.

C.Boneka Barbie yang dibeli Benny pasti mengenakan pakaian berwarna biru.

D.Benny hanya membeli boneka yang mengenakan pakaian berwarna biru.

E.Benny tidak menyukai boneka yang mengenakan rok merah.

 

35.Semua orang Jogja ramah dan baik hati. Nafis orang Jogja. Kesimpulan:

A.Nafis orangnya baik hati.

B.Nafis orang yang ramah.

C.Nafis baik hati dan ramah.

D.Nafis tinggal di Jogja.

E.A, B, C, D tidak benar.

 

Tes TPA Bappenas 2019 – Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Kursus Persiapan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Bappenas adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya Pelatihan TPA Bappenas sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Bappenas, anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.                  Tes TPA Bappenas 2019

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas KLIK WhatsApp Sekarang

 

Tes TPA Bappenas 2019

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas