Tips dan Trik Mengerjakan TPA

Tips dan Trik Mengerjakan TPA

 

 

 

Agar bisa sukses dalam mengerjakan Tes Potensi Akademik, ada beberapa Tips dan Trik Mengerjakan TPA. Sebelum membahas Tips dan Trik Mengerjakan TPA kita bahas terlebih dahulu apa itu TPA.

Tips dan Trik Mengerjakan TPA

Tips dan Trik Mengerjakan TPA

TPA atau Test Potensi Akademik adalah suatu tes dimana otak kita di uji dalam berpikir selogis mungkin, salah satunya banyak di ujicobakan dalam ajang perekrutan suatu pekerjaan. Banyak pekerjaan yang membutuhkan karyawannya dengan melakukan berbagai test, salah satunya adalah dengan soal-soal TPA yang mengasah otak. Sementara itu kita yang dari SD, SMP, atau SMA, belum mengenal dan mengetahui benar tentang apa itu TPA. Mungkin yang kita tau TPA adalah taman pendidikan anak-anak. Bukan tpa itu test potensi akademik, artinya kita di haruskan berpikir logis dalam mengerjakan sesuatu.

Contoh soal analogi, ” kucing makan rumput, hewan pemakan rumput adalah herbivora ” kesimpulannya adalah Kucing adalah herbivora. Walaupun pada kenyataannya kucing adalah hewan karnivora. Kuncinya adalah jika kita mengerjakan soal-soal sejenis ini kita jangan mengkaitkan pada fakta di lapangan, yang kita fokuskan adalah apa yang ada dalam pernyataan. Soal-soal seperti inilah yang dapat menguji sejauh mana kita dapat berpikir logis, sehingga dalam suatu pekerjaan atau kegiatan jika terdapat kendala-kendala dari berbagai faktor, dapat kita pecahkan melalui cara berpikir kita yang logis.

Tes Potensi Akademik dianggap sebagai tes yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun sesungguhnya, ada beberapa tips dan trik mengerjakan TPA yang dapat membantu anda dalam menghadapi TPA ini. Berikut adalah Tips dan Trik mengerjakan TPA, antara lain :

  1. Tips dan Trik Mengerjakan TPA yang paling utama adalah berlatih mengerjakan soal-soal TPA. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal TPA sebanyak mungkin. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Tips dan Trik Mengerjakan TPA ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu saat tes TPA yang sebenarnya. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal.
  1. Dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena akan membebani anda saja. Tips dan Trik Mengerjakan TPA yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur.
  1. Tips dan Trik Mengerjakan TPA selanjutnya adalah saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks, tidak tegang dan tidak panik.
  1. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu per soal. Misalkan per soal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati saja. Pokoknya lewati saja.
  1. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik. Ini sangat penting artinya di saat-saat akhir. Karena anda akan sangat memerlukan waktu untuk mengulangi soal yang terlewati, soal yang masih ragu-ragu jawabannya,dan meneliti ulang lembar jawaban apakah arsiran pensilnya sudah hitam sempurna.
  1. Jika anda menemukan soal (terutama soal dari tes angka) yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda tidak tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, Tips dan Trik Mengerjakan TPA maka jangan ambil pusing. Jangan terpaku pada soal tersebut. Lewati dulu. Berpusing-pusing ria terhadap soal tertentu yang anda belum tahu bentuknya dan bagaimana mengerjakannya, akan menguras energi otak dan menguras stamina berfikir anda. Selain itu juga akan sangat membuang waktu.
  1. Jangan sekali-kali merasa penasaran dengan soal tertentu. Soal manapun saja. Tips dan Trik Mengerjakan TPA adalah disiplinlah dengan alokasi waktu per soal. Ikuti aturan GBYL. Gak Bisa ? Ya Lewati. Rasa penasaran terhadap soal tertentu ini sangat merugikan. Rasa penasaran ini dapat ”mengusik” konsentrasi anda dalam mengerjakan soal-soal berikutnya.
  1. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu adalah kunci Tips dan Trik MengerjakanTPA. Semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama.
  1. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan tes TPA, bagi anda yang muslim, sempatkanlah pergi ke mushola atau ruangan untuk sholat, untuk melaksanakan sholat hajat (sholat dalam rangka bermohon sesuatu). Bermohonlah kepada Allah agar anda dapat melaksanakan tes TPA ini dengan baik dan melampaui skor minimum yang diharapkan. Anda dapat pula mencontoh doa Nabi Musa ketika yang bermohon agar dipermudah urusannya, yaitu : (Ya Allah) ”Yassirlii Amrii…” Yang artinya Ya Allah, mudahkanlah urusanku. Dengan melaksanakan sholat hajat sebelum tes dan do’a tersebut, Insya Allah anda akan merasakan kondisi psikis dan mental yang lebih baik. Lebih tenang. Sehingga otak anda berada pada kondisi optimal untuk berpikir.
  1. Sudah maksimal berusaha? Berdoalah. Sebelum dan sesudah mengerjakan tes. Dan bertawakkal terhadap hasil yang diterima. Kalau hasilnya mengecewakan, berbesar hatilah..mungkin memang rezeki Anda bukan disini, atau bukan sekarang.

Biasanya test-test TPA sering kita jumpai apabila kita hendak mendaftar pekerjaan seperti pegawai negeri, pegawai bank, karyawan swasta, dan berbagai Perguruan Tinggi ,dll. Oleh karena itu kita juga perlu menguasai beberapa Tips dan Trik Mengerjakan TPA dan tipe soal2 TPA yang hendak kita hadapi pada saat test masuk pekerjaan. Semoga kawan-kawan dapat mengerjakan dengan teliti dan benar. Semangaat !!!

Tips dan Trik Mengerjakan TPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp