TPA Pascasarjana UI

TPA Pascasarjana UI

 

Bagi Anda yang ingin meneruskan studi jenjang S2 nya di UI, alangkah baiknya memperhatikan tips cara lulus TPA Pascasarjana UI atau Simak UI berikut ini. Tips trik ini sangat perlu diketahui bagi peserta seleksi agar tahu apa yang harus dipersiapkan sebelumnya. Karena jika teman-teman tidak mengetahui tips trik cara lulus TPA Pascasarjana UI, maka teman-teman akan terasa berat dan susah. Seorang pemenang itu berhasil memenangkan pertandingan karena strategi yang diterapkannya benar dan tepat.

TPA Pascasarjana UI

TPA Pascasarjana UI

Nah tips cara lulus TPA Pascasarjana UI ini adalah mengetahui cara penilaian TPA Pascasarjana UI. Yaitu mempersiapkan tes TPA atau tes Bahasa Inggris semaksimal mungkin. Apakah harus dua-duanya? Jawabnya tidak, karena tes seleksi Simak UI ini hanya mengambil nilai terbaik dari kedua nilai tes tersebut. Jadi teman-teman harus memaksimalkan dibagian tes mana yang menurut teman-teman lebih kuat ilmunya. Misal Anda kuat di tes TPA nya, maka Anda persiapkan dengan maksimal latihan tes TPA (dengan latihan contoh-contoh soal).

Tips lain adalah sering-sering gabung dan membaca diskusi atau forum-forum Simak UI. Dari forum-forum ini Anda akan  mendapat informasi berharga mulai dari soal-soal tahun sebelumnya, sistem penilaian, trik menjawab soal, dll.

Soal TPA Pascasarjana UI

Soal TPA Pascasarjana UI terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  1. Tes Kemampuan Verbal

Mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bahasa dan kosakata tertentu. ada sinonim, antonim, analogi verbal, tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata  dan reading comprehension. Terkadang pada bagian ini kita bertemu dengan kata-kata aneh yang jarang (atau bahkan tidak pernah) kita temui, Contohnya : kelindan (benang yang digulung), mega (maksudnya adalah jutaan). Untuk mencari arti dari kata-kata baru yang saya temui, biasanya saya menggunakan kamus kbbi.

  1. Tes Kemampuan Kuantitatif (Angka)

Sebenarnya maksud dari tes bagian ini untuk mengetahui kecermatan dan kecepatan dalam  perhitungan dasar. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Bagi yang tidak suka Matematika, pasti langsung merasa down ketika melihat banyaknya soal. Padahal mayoritas soal pada bagian ini, bisa diselesaikan tanpa membuat perhitungan yang kompleks, cukup dibayangkan. Gunakan otak kanan. Contohnya : 20,724 : 5,2….Dari soal tersebut, langsung saja kita bagi 20:5, hasilnya adalah 4. tapi di soal, pembaginya bukan 5, melainkan 5.2…berarti hasil dari pembagian soal tersebut, pastilah, angka yang mendekati 4. Jika ada pilihan 3,785 dan 3,985. Langsung saja tembak 3,985 ?

  1. Tes Kemampuan Penalaran

Tes ini untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berfikir nalar dan masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

  1. Tes Gambar

Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar

Keempat bagian diatas dikerjakan selama 3 jam. Setidaknya tiap soal kita diberi waktu kurang dari 1 menit untuk menyelesaikannya, itu sudah termasuk membulatkan pilihan di lembar jawaban. Tips dari saya seringlah berlatih untuk mengerjakan Soal TPA Pascasarjana UI. Agar Anda dapat terbiasa dengan soal serupa dan dapat dengan mudah, cepat dan tepat dalam menjawab Soal TPA Pascasarjana UI. Sekian. Semoga bermanfaat.

TPA Pascasarjana UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp