Tips Lulus CPNS 2019

By July 1, 2019 Uncategorized
Soal TPA Numerik

Tips Lulus CPNS 2019

 

 

Tips Lulus CPNS 2019 – PNS menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati. Banyak anak muda berbondong-bondong mengikuti uijan CPNS yang merupakan salah satu pintu untuk menjadi PNS. Terbukti dari jumlah pendaftar yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat sebanyak kurang lebih 2,6 juta orang mendaftar pada ujian CPNS pada tahun 2014.

Karena itu, pemerintah berusaha untuk menciptakan proses rekrutmen sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan SDM yang berkualitas. Di tengah tingginya minat masyarakat untuk menjadi PNS, dibutuhkan usaha yang lebih agar kita ataupun sanak saudara kita menjadi salah satu di mereka yang berhak memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP).

 

Soal TPA Numerik

 

Harus anda ketahui bahwa sistem dan tata kelola ujian CPNS zaman dahulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Pemerintah berbenah untuk menyiapkan calon pemimimpin masa depan yang prefesional dengan proses yang bersih, transparan, akuntabel, dan cepat dengan berbagai cara. Salah satu metode yang terlihat perubahannya adalah ujian dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

CAT merupakan metode ujian yang dikembangkan oleh pemerintah dimana prosedur ujian tidak lagi menggunakan kertas dan semacamnya, tetapi sudah terhubung langsung dengan komputer. Dengan CAT, peserta akan mendapatkan soal secara acak yang sudah di atur oleh program sehingga bisa saja antar komputer akan menampilkan soal yang berbeda. Hasil ujian pun akan langsung keluar beberapa saat setelah ujian selesai sehingga sangat efisien dari segi waktu.

Jangan berpikir bahwa CAT itu mudah. Soal-soal sudah disusun sedemikian rupa oleh para ahli sehingga memang hanya yang berkompeten dan bekerja keraslah yang mampu lolos. Tapi jangan khawatir, dengan strategi dan tips lulus CPNS 2019 berikut bisa membantu Anda untuk lulus tes CPNS.

  • Pastikan persyaratan Anda lengkap saat mendaftar

Agar keinginan Anda untuk menjadi PNS bisa terwujud, maka persiapan yang matang sangat diperlukan. Tidak hanya mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti, supaya lolos seleksi administrasi.

  • Pelajari kisi-kisi tes CPNS

Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan keluar saat tes berlangsung. Pastikan Anda membaca kisi-kisi tersebut dengan baik.

  • Berlatih mengerjakan soal

Anda bisa pergi ke toko buku untuk menemukan kumpulan soal-soal tes CPNS. Beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang telah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya. Anda bisa mengerjakan soal ini sembari berlatih meningkatkan kemampuan Anda.

 

 

  • Hitung waktu Anda dalam mengerjakan soal

Pelamar juga akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa benar-benar memakai waktu tes dengan bijak.

  • Pelajari seluk beluk posisi diinginkan

Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk posisi yang inginkan. Lakukan riset sebanyak yang Anda butuhkan untuk meruntuhkan rasa panik yang kemungkinan besar akan melanda diri Anda. Hal ini krusial, agar Anda memiliki senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin timbul saat sedang menjalani tes nantinya.

  • Persiapkan tubuh dan mental Anda dalam kondisi terbaik

Jantung terasa berdebar, pikiran yang tidak tenang, sikap khawatir, adalah contoh yang kerap dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Meski merupakan hal lumrah, hal ini bisa saja mengganggu Anda untuk mengisi tes dengan baik.

Untuk menghindari hal ini, pastikan tubuh dan mental Anda benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa membuat Anda makin siap dalam menghadapi tes ini.

  • Jangan berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam seleksi CPNS nanti, pelamar akan mengikuti Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawaban yang Anda isi benar-benar jujur. Hindari juga niat untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar Anda bisa diterima.

  • Jawab soal yang mudah terlebih dahulu

Dari sekian banyak soal yang dihadapi, janganlah berkutat pada 1 soal dalam waktu yang lama. Masih banyak soal-soal lain yang harus dikerjakan. Jangan hanya karena anda penasaran dengan soal tersebut sehingga menyedot fokus dan melupakan bahwa masih banyak soal lain yang bisa jadi lebih mudah untuk dijawab. Fokus pada soal yang mudah dijawab terlebih dahulu, yang sulit belakangan.

  • Minta doa kedua orang tua

Bersyukurlah yang orang tua-nya masih hidup dan sehat walafiat. Mintalah doa dari beliau agar Allah memberikan kemudahan terhadap ujian yang akan anda hadapi. Doa orang tua tetaplah makbul. Tembus langit, insyaAllah.

  • Jaga kesehatan

Semua persiapan di atas tidak ada artinya bila anda tidak dalam kondisi prima saat menghadapi ujian. Tidak perlu memaksakan diri belajar hingga larut malam sehingga membuat kondisi tubuh menjadi drop. Makanlah secara teratur dan bergizi sehingga anda bisa menyelesaikan ujian CPNS dalam kondisi terbaik.

Berniat jadi PNS ? Jangan lupa belajar dulu untuk menghadapi tesnya dan praktikkan tips lulus CPNS di atas. Tidak cuma itu, Anda juga harus serius mengabdi saat kelak diterima, bukan kejar target memupuk tabungan dengan cara tak benar.

Untuk Anda yang ingin mengikuti tes CPNS, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes terutama TIU (Tes Intelegensi Umum) dengan cara mengikuti Pelatihan Dasar CPNS.

Info lebih lanjut mengenai Pelatihan TKD CPNS dan pendaftaran silahkan KLIK Tombol di bawah ini

Tips Lulus CPNS 2019

Leave a Reply

*

1
Assalamu'alaikum.... Ada yang bisa kami bantu ? :)
Powered by