Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

By July 9, 2022 September 9th, 2022 Test Potensi Akademik

Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

 

Tips Lulus Simak UI Pascasarjana – SIMAK UI merupakan salah satu seleksi masuk untuk berkuliah di UI. Bagi S1, seleksi masuk bisa melalui SBMPTN, SNMPTN dan SIMAK UI. Untuk S2 dan S3 hanya SIMAK UI. Soal tes SIMAK UI untuk pascasarjana hanya tes TPA (Tes Potensi Akademik) dan Bahasa Inggris.

 

Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Mungkin bagi sebagian orang yang pernah ikut tes TPA biasa akan bilang, “aah itu mah gampang, ga usah belajar juga bisa….ilmu dasar kan itu”…. Tapi coba tanya ke yang pernah ikut TPA Simak UI Pascasarjana, pasti umumnya akan bilang “wawwww soalnyaaaa”…  TPA Simak UI Pascasarjana jauh lebih susah jika dibandingkan dengan TPA biasa.

Apa Itu Simak UI?

Sebelum terlalu jauh, yuk kita kepoin dulu apa itu Simak UI. Simak adalah cara masuk Universitas Indonesia melalui ujian seleksi terpadu, mulai dari Program Vokasi, Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Meskipun cara masuk Universitas Indonesia ini melalui ujian, salah satu syarat khusus bagi peserta ujian S1 Reguler adalah sudah mengikuti UTBK 2022.        Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Bagaimana Keketatan Simak UI?

Peluang lolos Simak UI tentu menjadi salah satu pertimbangan penting ketika kamu memutuskan untuk mengikuti ujian ini. Nah, seberapa besar peluangmu lolos Simak UI, Sobat Pintar?

 

  • Program Vokasi

 

Program D3

Ada sembilan pilihan jurusan Simak UI 2022 pada Program D3, masing-masing membuka daya tampung sebesar 30 kursi. Keketatan tertinggi ada pada Hubungan Masyarakat (5,23%), sedangkan keketatan terendah ada pada Administrasi Asuransi dan Aktuaria (19,70%).

Program D4

Sama halnya, daya tampung pada tiap-tiap jurusan di Program D4 adalah sebesar 30 kursi. Bedanya, Program D4 hanya membuka enam pilihan jurusan Simak UI 2022. Jurusan dengan keketatan tertinggi dan terendah, berturut-turut adalah Bisnis Kreatif (2,00%) dan Terapi Okupasi (10,60%).

 

  • Program Sarjana Reguler

Bukan hanya satu-dua orang yang gagal di SBMPTN, kemudian mengikuti ujian dan berharap lulus Simak UI. Memang pilihan jurusan untuk S1 Reguler di Simak UI sama dengan pilihan jurusan di SBMPTN, sehingga Simak UI bisa menjadi kesempatan kedua. Namun jika pilihan jurusanmu memiliki keketatan yang cukup tinggi, maka kamu harus berjuang keras, Sobat!            Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Lantas apakah jurusan dengan keketatan tertinggi di Simak UI itu? Dari tahun sebelumnya, Ilmu Komunikasi (0,87%) adalah jurusan dengan keketatan tertinggi di Simak. Sedangkan jurusan Simak UI 2022 dengan keketatan terendah adalah Sastra Rusia (7,82%). Sama-sama jurusan Soshum, keduanya menyediakan daya tampung yang berbeda, berturut-turut sebesar 50 dan 29 kursi.

 

  • Program Sarjana Paralel

Sobat Pintar yang lulus sekolah dari tahun sebelumnya dapat mengikuti program ini. Perlu dicatat, pilihan jurusan dan daya tampung Program Paralel lebih sedikit ketimbang Program Reguler. Meski begitu, bukan berarti lantas peluang lolos Simak UI lebih besar pada Program Paralel.          Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Nah, apakah jurusan dengan keketatan tertinggi dan terendah pada Program Paralel? Untuk kedua predikat tersebut, berurutan diraih oleh Ilmu Komunikasi (0,37%) dan Fisika (12,35%). Daya tampung keduanya pada tes Simak UI 2022 masing-masing adalah 10 dan 20.

Jumlah soal TPA SIMAK pascasarjana sebanyak 100 buah dengan durasi pengerjaan selama 2 jam. Berhati-hatilah saat mengerjaan soal TPA karena terdapat pengurangin poin apabila jawaban Anda salah (minus 1 poin). Soal TPA dibagi 3 yaitu kemampuan verbal, matematika, serta logika dan deret. Soal kemampuan verbal berjumlah 40 buah dengan durasi 30 menit, matematika sejumlah 35 soal dengan waktu 50 menit, dan 25 soal untuk logika dan deret selama 40 menit pengerjaan. Soal harus dikerjakan sesuai urutan. Anda hanya boleh mengerjakan soal matematika setelah masa pengerjaan soal kemampuan verbal berakhir.

Pengawas akan mengarahkan seluruh peserta ujian ke tipe soal berikutnya apabila masa pengerjaan suatu tipe soal berakhir. Hal lainnya yang perlu diingat adalah Anda juga tidak diperbolehkan kembali ke tipe soal sebelumnya. Misalnya saat ini semua peserta ujian telah berada di soal matematika, maka Anda tidak dapat kembali untuk mengerjakan soal kemampuan verbal.

Menurut penulis, soal TPA UI agak sedikit berbeda dengan soal TPA Bappenas atau CPNS terutama pada bagian soal matematika. Dalam mempersiapkan TPA UI pascasarjana, sebaiknya Anda mulai mempelajari buku-buku TPA yang memuat pembahasan soal SIMAK UI di dalamnya. Untuk tujuan SIMAK UI, buku TPA yang hanya memuat soal-soal TPA Bappenas atau CPNS nampaknya kurang sesuai dengan jenis soal yang akan Anda hadapi.

 

Cukup banyak buku-buku TPA yang memuat materi SIMAK UI di dalamnya. Penulis sendiri membeli buku melalui toko daring. Pastikan judul atau deskripsi buku yang akan Anda beli mencantumkan frasa “SIMAK UI”.  Berbeda dengan pengalaman saat mengikuti TPA LPDP (baca juga Tips Lolos Seleksi LPDP ), durasi waktu yang diberikan oleh TPA SIMAK UI lebih terbatas. Anda tidak perlu berambisi mengerjakan semua soal yang ada karena menebak jawaban yang salah akan berakibat pengurangan poin.    Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Saran yang dapat penulis sampaikan adalah dengan melakukan step by step targeting. Mula-mula cobalah kerjakan semua soal yang Anda anggap mudah, lalu hitunglah berapa jumlah soal yang telah Anda jawab dengan yakin. Misalnya Anda telah berhasil menjawab 60% dari total soal yang ada. Selanjutnya, naikkan target jawaban Anda dari 60% menjadi 70% lalu 80% dari total soal, dengan cara membaca perlahan soal-soal yang tadinya Anda lewati karena dirasa sulit.

Apabila Anda berhasil mengerjakan 80% dari total soal dan masih ada waktu yang tersisa, maka Anda dapat berupaya menambah jumlah soal yang dikerjakan. Namun, tidak perlu memaksakan diri menjawab soal yang Anda tidak yakini kebenarannya. Menurut pengalaman penulis, mampu menjawab 80% dari total soal sudah cukup meluluskan Anda dari tes TPA.

 

  • Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris pada SIMAK UI pascasarjana mirip dengan soal-soal ujian TOEFL. Bedanya, tidak ada soal bertipe listening di sini. Anda dapat mempelajari buku-buku ujian TOEFL (tanpa perlu mempelajari listening section) untuk persiapan mengikuti SIMAK.

Tes bahasa Inggris berjumlah 90 soal dengan masa pengerjaan 1,5 jam. Soal terbagi menjadi grammar dan error recognition sebanyak 40 soal serta reading sebanyak 50 soal. Berbeda dengan TPA, tidak ada pengurangan nilai pada tes bahasa Inggris sehingga upayakan untuk menjawab semua soal yang ada (tidak masalah bila Anda ingin menebak jawaban pada tes ini).              Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

 

  • Wawancara Psikologi

Setelah mengikuti tes tertulis, Anda akan mendapat jadwal tes wawancara. Indikator kelulusan tes tertulis dapat dilihat dari sini. Apabila Anda tidak dihubungi pihak UI terkait jadwal tes wawancara, berarti Anda belum berhasil melewati seleksi tertulis SIMAK UI pascasarjana. Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Psikolog umumnya menggali hal-hal yang dapat menghambat Anda untuk selesai kuliah tepat waktu. Berbagai pertanyaan ditanyakan seperti jarak tempat tinggal dengan kampus, cara Anda belajar, hambatan membagi waktu dengan pekerjaan (bila Anda kuliah sambil bekerja), termasuk adakah hambatan dari keluarga (misalnya baru memiliki momongan) yang berpotensi mengganggu perkuliahan.

Kunci untuk lulus wawancara psikologi adalah identifikasi hal-hal yang berpotensi menghambat perkuliahan Anda dan buatlah rencana mitigasinya. Sampaikan hambatan serta solusi untuk mengatasinya agar psikolog yakin bahwa Anda mampu menyelesaikan studi dengan lancar.

 

  • Wawancara Program Studi

Fokus dari wawancara ini adalah memastikan kecukupan dana yang Anda miliki untuk menyelesaikan studi. Jelaskan sumber pembiayaan studi Anda, misalnya didanai oleh tabungan, gaji, atau lembaga pemberi beasiswa. Selain itu, wawancara ini juga bertujuan menggali rencana penelitian yang akan Anda lakukan.

Sejalan dengan wawancara psikologi, pihak universitas ingin memastikan mahasiswanya dapat selesai studi tepat waktu. Jadi, persiapakan juga rencana penelitian Anda secara umum (tidak perlu terlalu detail).

Nah, kali ini sukses-tpa.com akan memberikan Tips Lulus Simak UI Pascasarjana. Berikut Tips Lulus Simak UI Pascasarjana :

  1. Berdoa dan siapkan mental

Sebagai hamba Tuhan, apapun agama kita, ada baiknya kita memanjatkan doa kepada Tuhan agar diberi kemudahan selama masa pendaftaran s/d tes hari H dan diberikan yang terbaik untuk hasil tesnya. Berdoalah sesering mungkin, karena doa dapat mengubah segalanya, Jangan lupa siapkan mental, persiapan mental harus dari awal agar kita bisa menyusun target kita dalam mengikuti SIMAK UI ini.

  1. Latihan soal setiap hari

Sebulan sebelum tes, belajar dan kerjakan latihan soal berkali – kali agar otak terbiasa berpikir logis dan dengan hitung-hitungannya dan karna untuk menjawab soal Tes Potensi Akademik banyak yang perlu dihafalkan. Hafalkan bentuk lain dari pecahan, desimal, persen dan juga pangkat. Hafalkan juga kata2 bahasa indonesia yang sering ditemui di koran, jurnal ilmiah dan dokumen formal. Contohnya : Defekasi, ini adalah istilah yang digunakan untuk Buang Air Besar.

  1. Ikut kursus TPA dan B.Inggris

Kalau masih merasa belum cukup dengan belajar sendiri, boleh kok kursus TPA dan B.Inggris. Dengan mengikuti pelatihan TPA, kita akan diberikan materi dan Latihan – latihan soal yang berkaitan dengan Tes Potensi akademik dan Disini kita dapat mempelajari berbagai cara, tips dan trik untuk menjawab soal tes potensi akademik dengan mudah dan cepat.

  1. Survey tempat tes

Survey tempat tes kalian maksimal 1 hari sebelum tes. Lokasi tes biasanya di kampus UI Depok, tertera di kartu ujian.    Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

  1. Persiapan Saat Hari H

Jangan lupa sarapan dan Badan harus Fit. Karena tes ini memang menyita energi. Malam sebelum tes jangan begadang untuk belajar. Saat menunggu tes dimulai, jangan buka buku, karena akan membuat fikiran menjadi stress.Lebih baik sarapan bagi yang belum sarapan atau berdoa. Datanglah lebih awal (1 jam sebelum tes). Karena biasanya macet. Jangan lupa bawa Kartu Ujian dan alat tulis.

  1. Mengerjakan dengan hati tenang

Mulai dan akhiri mengerjakan soal dengan berdoa. Kalau sudah mempersiapkan diri dengan banyak latihan soal dan banyak berdoa, dijamin kalian bisa mengerjakan dengan tenang dan tidak dipungkiri kalian akan mudah dan cepat menemukan jawaban yang tepat.            Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

  1. Manajemen waktu mengerjakan soal

Buatlah target 1 soal = 45 detik. Total soal B.Inggris, ada 90 soal dan harus dikerjakan dalam waktu 90 menit, itu artinya 1 soal = 1 menit. Tapi Anda perlu waktu untuk menghitamkan jawaban bukan ? Maka dari itu, paling tidak 1 soal kira-kira di kerjakan dalam waktu 45 detik. Jika ada soal yang dirasa susah dan memakan waktu lebih dari 45 detik, tinggalkan saja dulu, dan jawab soal berikutnya yang sekiranya bisa dijawab.

  1. Cek ulang identitas diri di LJU

Bisa mengerjakan soal tes, tapi lupa menulis identitas pada LJU sama saja bohong. Cek identitas diri dan jawaban di LJU di 5 menit terakhir. Hal ini untuk menghindari kesalahan/kelupaan saat menulis identitas diri di LJU.

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA Simak UI Pascasarjana. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Simak UI S2 adalah hal yang tidak penting.Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Simak UI Pascasarjana sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Simak UI Pascasarjana, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA Simak UI Pascasarjana kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal. Jika Anda berminat mengikuti Pelatihan TPA Simak UI Pascasarjana silahkan KLIK DISINI

Semoga Tips Lulus Simak UI Pascasarjana ini bermanfat…

Pelatihan TPA UI

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Bappenas adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.          Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Apa Saja Manfaat  Pelatihan TPA ?

Konsultan sukses-tpa berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA maupun Private TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di konsultan Sukses TPA hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Ini dikarenakan mereka telah belajar soal-soal TPA dan bagaimana cara mengerjakan dengan cepat.

Pada umumnya nilai TPA pasca pelatihan yang  diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang  tinggi  bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah.            Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Pelatihan TPA akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah. Jika belum mengenal tipe dan bentuk soal TPA langsung mengikuti Tes Potensi Akademik, dipastikan hasilnya akan kurang memuaskan. Bisa jadi ketika mengerjakan akan tertegun, gagap, bingung dan lainnya karena waktu yang diberikan begitu cepat. Dengan mengikuti Pelatihan TPA, akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan  dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain  perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi tes TPA.

Materi Pelatihan & Instruktur

Verbal (padanan kata, lawan kata, analogi verbal);  Kuantitatif (hitungan, deret bilangan, komparasi kuantitatif); Penalaran (logika formal, analitis, keruangan, penalaran logis) serta ditambah dengan teknik mengerjakan TPA dengan metode berpikir strategis. Instruktur berpengalaman & berlatar  belakang pendidikan yang relevan dengan materi pelatihan Tips Lulus Simak UI Pascasarjana.

Tempat & Waktu

Pelatihan dilaksanakan hanya satu hari untuk semua materi dan latihan soal.

Waktu Pelatihan Reguler di hari libur kerja Sabtu/Minggu (jadwal silahkan lihat disini) mulai Pk. 08.00 s.d 16.30 WIB

Lokasi Pelatihan : Pusat Studi Jepang UI Depok

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Tips Lulus Simak UI Pascasarjana

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas