Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

 

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas – Tes Potensi Akademik atau TPA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. Karenanya TPA ini sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik identik dengan tes GRE atau Graduate Record Examination sebagai standar internasional. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada tes GRE.

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

Tes GRE menjadi standar internasional syarat penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi.TPA merupakan suatu standar tes yang bertujuan untuk mengukur potensi akademik calon mahasiswa dengan membandingkan potensi satu calon mahasiswa dengan mahasiswa lain secara lebih obyektif, baik itu calon mahasiswa S1, S2, dan S3. TPA masuk ke SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009. Bahkan juga, TPA digunakan pada Tes Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) namun sering dipanggil sebagai psikotest. TPA masuk ke SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012.

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

Berikut ini adalah Cara Untuk Mendaftar Tes TPA Bappenas :

  1. Cek Jadwal Tes TPA

Langkah pertama Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas adalah cari tahu atau cek jadwal Tes TPA. Kita harus tahu dulu jadwal untuk menyesuaikan dengan jadwal kita. Jangan lupa catat nomor petugas TPA Bappenas.

  1. Konfirmasi 1 ke Petugas

Setelah tahu jadwal tes TPA Bappenas konfirmasi ke petugas untuk menanyakan kuota apakah sudah penuh atau belum. Jika sudah penuh, kemungkinan kita akan di jadwalkan di tes berikutnya. Jadi lebih baik bertanya terlebih dahulu sebelum mentransfer biaya pendaftaran. Setelah menanyakan kuota dan sudah tahu pasti waktu tes TPA Bappenas yang akan kita ikuti, tanyakan melaui apa kita harus mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti pembayaran.

  1. Download Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah mendownload Formulir pendaftaran tes TPA Bappenas.

  1. Transfer Uang Pendaftaran

Kirimkan uang pendaftaran melaui ATM atau transfer via internet banking atau di bank anda. Nomor rekeningnya tertera di formulir pendaftaran di atas. Biaya daftar TPA Bappenas tahun 2013 sebesar Rp. 325.000.

  1. Kirim Formulir Pendaftaran dan Bukti Transfer

Setelah mentransfer uang pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran, Anda diharuskan mengirim formulir pendaftaran dan bukti transfer. Kirimkan melaui email atau fax sesuai dengan jawaban petugas TPA Bappenas di langkah ke 2.

  1. Konfirmasi 2 ke Petugas

Ini langkah terakhir cara daftar tes TPA Bappenas, yaitu konfirmasi ke petugas. Setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer  anda konfirmasi kembali ke petugas TPA Bappenas. Tanyakan apakah sudah diterima atau belum formulir pendaftaran dan bukti transfernya.

Selain Informasi diatas, anda juga perlu mengetahui dokumen apa saja yang perlu anda persiapkan agar dapat mempermudah anda jika nantinya dokumen-dokumen tersebut diperlukan sebagai salah satu persyaratan. Dokumen tersebut adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah (Min D3)
  • Foto Warna (3×4) 2 lembar
  • Bukti Transfer
  • Formulir Pendaftaran

Mengapa Pelatihan Penting?

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Manfaat Pelatihan Apa Saja ?

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Selain itu keuntungan lainnya adalah :   Nilai TPA pasca pelatihan yang diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang tinggi bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah;

Pelatihan & Private TPA Bappenas akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah;

Dengan cara mendaftar tes TPA Bappenas & mengikuti Pelatihan & Private TPA Bappenas yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi TPA.

Materi Pelatihan & Instruktur

Verbal (padanan kata, lawan kata, analogi verbal);  Kuantitatif (hitungan, deret bilangan, komparasi kuantitatif); Penalaran (logika formal, analitis, keruangan, penalaran logis) serta ditambah dengan teknik mengerjakan TPA dengan metode berpikir strategis. Instruktur berpengalaman & berlatar  belakang pendidikan yang relevan dengan materi pelatihan.

Tempat & Waktu

Pelatihan dilaksanakan hanya satu hari untuk semua materi dan latihan soal.

Waktu Pelatihan Reguler di hari libur kerja Sabtu/Minggu (jadwal silahkan lihat disini) mulai Pk. 08.00 s.d 16.30 WIB

Lokasi Pelatihan : Pusat Studi Jepang UI Depok

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Cara Mendaftar Tes TPA Bappenas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*