Contoh Soal Tes TPA

Contoh Soal Tes TPA

 

Contoh Soal Tes TPA – Tes potensi akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis).

Tes ini juga sering dibungkan dengan kecerdasan seseorang. Saat ini, TPA  telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN di tahun 2018.

Contoh Soal Tes TPA

Bahkan kenaikan jabatan setingkat meneger di berbagai perusahaan juga mensyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S1 dan S2.

Adapun Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spacial atau gambar.

  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (Persamaan kata), antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
  • Tes angka mengukur kemamuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berfikir terstruktur, dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmatik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.
  • Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita, dan tes logika diagram.
  • Sedangkan tes spesial atau tes gambar berfungsi untuk mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang.

Kumpulan contoh soal tes TPA (Tes Potensi Akademik) dan kunci jawabannya. Berikut merupakan contoh soal Tes TPA  untuk TPA Bappenas yang mungkin sering di keluarkan pada soal-soal TPA nantinya. Di bawah adalah contoh soal tes TPA pahami dengan seksama supaya paham dan bisa ingat pada Waktu tes TPA nantinya.

Contoh Soal Tes TPA Sinonim

  1. Ahad

a.Lebih dari satu

b.Tiga

c.Satu

d.Berbilang

e.Dua

  1. Duniawi

a. Alam

b. Ukhrowi

c. Sekuler

d. Fana

e. Bumi

  1. Ajakan

a. Order

b. Perintah

c. Instruksi

d. Interupsi

e. Persuasi

Contoh Soal Tes TPA Antonim

  1. Menunjukkan suka

a.Kebencian

b.Merajuk

c.Merayu

d.Dengki

e.Bermusuhan

  1. Enmity

a.Permusuhan

b.Hubungan

c.Pertengkaran

d.Amity

e.Perseteruan

  1. Konvergen

a.Bercabang

b.Memusat

c.Pusat

d.Arah

e.Cekung

Contoh Soal Tes TPA Padanan Hubungan

  1. Tinggi : Rendah Besar :

a.Gagah

b.Imut

c.Agung

d.Pendek

e.Kecil

  1. Hiu : Teri Elang :

a.Parkit

b.Hamster

c.Penguin

d.Anoa

e.Merak

  1. Bunga : Tulip Batuan :

a.Perak

b.Andesit

c.Emas

d.Bijih besi

e.Minyak bumi

  1. Laik : Layak Rapuh :

a.Remuk

b.Imun

c.Loyo

d.Tangguh

e.Rentan

Contoh Soal Tes TPA Numerik

  1. 216 x 0,875 =

a. 188

b. 198

c. 218

d. 209

e. 189

  1. Suatu seri angka : 3 8 15 20 27 selanjutnya…

a. 30

b. 33

c. 35

d. 34

e. 32

  1. Volume ember jika penuh adalah 42,5 liter. Namun hanya terisi 3/5 saja saat ini. Dan diambil lagi oleh Andi sehingga kini hanya terisi 1/5 saja. Berapa literkah yang diambil oleh Andi ?

a. 17 liter

b. 8,5 liter

c. 17,5 liter

d. 8 liter

e. 34 liter

Contoh Soal Tes TPA Logika

  1. Sebagian pejabat mampu menahan diri dari pelanggaran korupsi. Pak Ahmad adalah seorang pejabat.

a. Pak Ahmad pastilah mampu menahan diri dari korupsi

b. Belum tentu pak Ahmad tidak tamak terhadap harta duniawi

c. Pastilah pak Ahmad suka harta dan tahta

d. Pak Ahmad mungkin mampu menahan diri dari korupsi

e. Pak Ahmad pasti suka korupsi juga.

  1. Sebagian orang yang berminat menjadi politikus hanya menginginkan harta dan tahta. Rosyid tidak berminat menjadi politikus.

a. Rosyid tidak menginginkan harta dan tahta.

b. Tahta bukanlah keinginan Rosyid, tapi harta mungkin ya.

c. Rosyid menginginkan tahta tapi tidak berminat menjadi politikus.

d. Rosyid tidak ingin menjadi politikus karena sudah kaya dan punya tahta.

e. Tidak dapat ditarik kesimpulan.

 

Tes Potensi Akademik (TPA) itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Untuk menghadapi tes TPA ini Anda harus banyak berlatih, berlatih dan berlatih contoh soal tes TPA. Selain dengan perbanyak latihan mengerjakan soal tes potensi akademik, Anda bisa juga mengikuti Pelatihan Tes Potensi Akademik.

Mengapa Pelatihan TPA  Penting?

Dari hasil pengamatan kami, secara umum calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan  bangku kuliah di perguruan tinggi atau tempat belajar formal terakhir  mempunyai skor Tes Potensi Akademik yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang  baru lulus. Ini wajar-wajar saja, karena otak kita kan seperti otot tubuh kita. Contohnya jika kita lama tidak olah raga renang, tiba-tiba disuruh renang 100 meter sekaligus, mungkin kita tidak akan kuat. Kita perlu latihan dulu sebelum bertanding. Anda pasti tahu kan, bahwa setiap olah ragawan mempunyai pelatih. Oleh karena itu, sebelum bertanding di tes TPA mungkin ada baiknya Anda mengikuti pelatihan TPA.

Bagi peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor  yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda.  Peserta yang jurusan IPA atau eksakta mempunyai skor yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan peserta dengan latar belakang IPS atau non eksakta.  Apalagi  Anda sudah meninggalkan dunia hitung-hitungan yang sifatnya teoritis matematik mungkin sudah 5, 10, 15 atau bahkan 20 tahun yang lalu. Untuk membantu Anda yang ingin menaikkan skor TPA, kami menyiapkan program pelatihan TPA dan juga ada private TPA secara khusus.

Info lebih lanjut KLIK WhatsApp Sekarang

Contoh Soal Tes TPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp