3 Tips Jitu Merilekskan Pikiran Ketika Menghadapi Soal Tes TPA

3 Tips Jitu Merilekskan Pikiran Ketika Menghadapi Soal Tes TPA

Soal Tes TPA

Soal Tes TPA

Rekan pembaca, mungkin Anda pernah mengikuti soal test TPA dan bagaimana rasanya? Saya percaya bahwa kalian setuju jika rileks itu sangat penting dalam menghadapi tes potensi akedemik. Karena dengan pikiran yang tenang serta rileks, kita dapat menemukan dan berpikir dengan mudah serta cepat bukan?Coba Anda bandingkan ketika pikiran sedang kacau atau fokus memikirkan suatu hal diluar soal TPA, maka yang kita hadapi bukanlah soal TPA, tetapi sebuah pikiran-pikiran rumit yang mampu membuyarkan semua konsentrasi.

Untuk itu, saya memberikan tips kepada Anda bagaimana menemukan sebuah pikiran yang rileks, tenang, dan terkondisi dengan baik. Oke, tanpa basa basi, kita simak yuk tipsnya. J

Jadikan pikiran Anda layaknya kacamata kuda

Anda mengetahui apa itu kacamata kuda? Ya, kacamata kuda merupakan sebuah desain khusus yang membuat Anda sulit melirik ke samping dan selalu terfokus ke suatu hal. Begitupun dalam menghadapi soal tes TPA, Anda harus terus fokus mengikuti pelatihan, berlatih sendiri, dan membiasakan diri untuk mengerjakan soal dengan cepat. Jauh-jauh hari sebelum TPA dimulai, ada baiknya Anda tidak memikirkan banyak masalah yang mungkin terjadi di keluarga atau lingkungan pergaulan. Caranya, jangan terlalu banyak menemui teman, dan jangan terlalu jauh terlibat dengan masalah yang ada di sekitar Anda. Juga, pergi ke suatu tempat yang menyenangkan diperlukan untuk menjernihkan pikiran.

Sistem SKS itu tidak baik

Lakukan latihan soal tes TPA pada awal waktu dan jangan gunakan sistem kebut semalam. Ada banyak anak muda atau pemula yang berlatih tiga atau empat hari sebelum tes potensi akademik diterapkan. Rata-rata dari mereka baru menyadari bahwa soal tes TPA ternyata cukup sulit dan mulai berlatih dengan keras. Padahal, latihan dengan sistem SKS hanya akan memberatkan otak dan pada akhirnya Andasulit berkonsentrasi pada ujian yang sesungguhnya.

Justru, cara yang paling baik adalah tidak berlatih soal tes TPA sejak dua hari sebelum ujian dimulai. Teknik tersebut, semata-mata digunakan untuk membuat pikiran kita tidak terbebani dan tenang.

Datang awal waktu ketika ujian dimulai

Usahakan datang 30 menit sebelum ujian soal tes TPA dimulai. Ketika datang awal waktu, kita dapat menenangkan pikiran terlebih dahulu, berdoa, dan memeriksa alat-alat tulis yang akan digunakan dalam ujian nanti. Coba Anda bayangkan apabila datang ke tempat tes dengan terlambat. Kita akan masuk ke dalam ruangan dengan terburu-buru, tidak memiliki kesempatan untuk membuat pikiran tenang, dan langsung dihadapkan pada soal tes TPA dengan waktu pengerjaan amat singkat.

Nah, dengan tiga tips di atas, semoga Anda bisa menemukan ketenangan dan berhasil lulus dalam ujian soal tes TPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp