Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik Online

 

Tes Potensi Akademik Online merupakan salah satu cara latihan yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes potensi akademik yang sesungguhnya. Selain melalui aplikasi tes potensi akademik online, bisa juga melakukan persiapan dengan membeli buku tes potensi akademik di toko buku, melatih hapalan kosakata yang luas dengan sering-sering membaca koran dan rumus cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan matematika karena memang untuk menjawab tes potensi akademik membutuhkan kecepatan dan ketepatan yang baik.

Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik Online

Tes-potensi akademik online menawarkan solusi yang tepat untuk melakukan latihan tes potensi akademik tanpa dipungut biaya sedikitpun. Aplikasi tes potensi akademik online ini 100% Gratis dan sangat bisa diandalkan untuk berlatih menjawab soal-soal tes potensi akademik secara online. Tanpa melakukan Registrasi atau Pendaftaran, tanpa memerlukan Login, kita bisa berlatih dengan memilih soal yang kita inginkan.

Anda sedang mencari tes potensi akademik online ? Untuk mencari tes potensi akademik online saat sudah cukup mudah, karna sudah banyak situs yang menyediakan tes-potensi-akademik-online. Namun sebelum anda mengunjungi situsnya, ada baiknya baca dulu beberapa informasi penting tentang seluk beluk tes potensi akademik  berikut ini.

Saat ini tes potensi akademik (TPA) sudah menjadi standar kelulusan bagi banyak lembaga dan instansi untuk merekrut karyawan atau tenaga profesional dengan keahlian tertentu. Oleh karena itu, bagi para lulusan perguruan tinggi mempelajari dan mengerti seluk-beluk TPA menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi. Skor  tes potensi  akademik seseorang sering dihubungkan dengan IQ atau tingkat keceerdasan, semakin tinggi skor maka IQ dianggap semakin tinggi.

Meskipun sedikit banyak hal tersebut ada benarnya,  tapi hasil skor TPA dipengaruhi banyak faktor. Faktor kecerdasan hanya berpengaruh kecil bagi pencapaian skor yang tinggi, selebihnya ditentukan dengan banyaknya latihan dan pengetahuan yang cukup terhadap berbagai tipe soal yang berbeda dan berlatih TPA bisa dilakukan dengan tes potensi akademik online di internet.

Ada banyak tipe soal tes potensi akademik, namun secara garis besar dibagi menjadi empat tipe soal yaitu :

  • Tes Bahasa
  • Tes Numerik
  • Tes logika
  • Tes Spasial/gambar

Contoh soal-soal tes potensi akademik online di intenet. Berikut beberapa contoh soal TPA yang bisa anda pelajari.

Contoh Soal Tes Potensi Akademik Online

Tes Bahasa (Tes padanan hubungan kata)

Supir : Mobil

A. Pesawat : Pilot

B. Kuda : Dokar

C. Masinis : Kereta Api

D. Delman : Kusir

E. Pilot : Masinis

(Kunci jawaban :   C ,  Pembahasan : sopir mengendalikan jalannya mobil sedangkan masinis mengendalikan jalannya kereta api )

Agama : atheis

A. Sandal : Sakit hati

B. Tali : Jatuh

C. Menikah : Bujang

D. Antena : Sinyal

E. Buku : Pintar

(Kunci jawaban :  C ,  Pembahasan : tidak beragama disebut atheis sedangkan tidak menikah disebut bujang )

Contoh soal tes potensi akademik online

Tes aritmetika

Sebuah bujur sangkar panjang sisinya adalah 8. Jika x=3/2 keliling, dan y=2/3 luas . maka pernyataan yang benar adalah :

A. y=x

B. y<X

C. x/y=1/2

D. y-x=bilangan positip

E. x dan y tidak bisa ditentukan

(jawaban : B pembahasan : x=3/2.32=48 dan y=2/3.64=42,6 jadi yang  benar adalah y,x)

Persamaan x (p+q) + xr nilainya sama dengan persamaan berikut, kecuali :

A. xp + xr + xq

B. x (p+q+r)

C. x (p+r) + xq

D. xp + x (q+r)

E. xp (q+r)

(jawaban :E pembahasan : xp(q+r)=xpq+xpr tidak sama dengan x(p+q)+xr )

Semoga contoh soal tes potensi akademik online diatas bisa menjadi gambaran bagi anda seperti apa soal TPA. Namun, tentu saja masih banyak tipe soal yang harus anda pelajari untuk berhasil mengerjakan soal-soal TPA dengan skor tinggi.

Tes Potensi Akademik Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp