Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

By December 14, 2018 January 23rd, 2019 Uncategorized
Soal TPA Online

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

 

 

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik – Tes potensi akademikadalah sebuah tes yang barangkali pernah dirasakan oleh semua orang. Tes ini biasanya dilakukan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil, rekrutmen karyawan perusahaan swasta, dan penerimaan mahasiswa baru. Bahkan, untuk kenaikan jabatan karier pun ada pula yang mewajibkan lolos tes potensi akademik sebagai salah satu syaratnya. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri mencapai skor maksimal, berikut 9 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik yang paling ampuh :

Di dunia internasional, tes potensi akademik setara dengantes GRE (Graduate Record Examination). Umumnya test ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar, dan sesi tes logika.

  • Berlatih Soal

Berlatih adalah kunci utama seseorang mencapai keahlian dan kesempurnaan. Semakin sering ia berlatih, semakin cepat kita akan menyelesaikan setiap soal yang harus dijawab. Berpaculah dengan waktu yang telah ditetapkan.

Hal ini akan membuat kita menjadi terbiasa karena seperti yang Anda ketahui, ketika kita menghadapi tes, maka akan ada batasan maksimal waktu pengerjaan dan setiap peserta tidak diperkenankan mengerjakan soal melebihi batas waktu tersebut.

Tips Lolos TPA Bappenas

Tidak perlu membeli buku-buku soal tes potensi akademik yang baru. Anda dapat menggunakan buku-buku terbitan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Anda dapat mencari soal-soal latihan tersebut di internet.

  • Mengakrabkan Diri dengan Tiap Karakter Soal

Setiap tes potensi akademik tentunya berbeda tergantung pada instansi penyelenggaranya. Soal-soal tes potensi akademik untuk Bappenas akan berbeda dengan soal-soal tes potensi akademik pascasarjana.

Hal ini dikarenakan setiap instansi penyelenggara memiliki para meter tersendiri yang menentukan apakah seseorang lolos tes potensi akademik atau tidak.

Pelajari setiap model dan karakteristik dari setiap soal sesuai dengan instansi penyelenggara tes potensi akademik yang Anda jalani.

Sebaiknya, Anda dapat mengeksplorasi setiap soal dari 3 tahun sebelumnya dan bertanya kepada para senior yang telah berhasil lolos dalam tes potensi akademik di tahun sebelumnya.

  • Mempelajari Tes Verbal

Dalam tes potensi akademik, Anda akan diperhadapkan pada tes verbal, dimana di dalamnya diperlukan pengetahuan yang cukup mumpuni mengenai sinonim, antonim, makna kata dan juga perbendaharaan kata yang cukup luas. Banyak-banyaklah membaca dan memahami berbagai istilah ketika Anda membaca koran, majalah ekonomi dan bisnis atau buku-buku sastra.

Ketika Anda menemukan berbagai kata-kata yang asing ditelinga, segeralah cari maknanya dan serap pengertian dari kata tersebut. Anda juga dapat membuat daftar kata-kata yang tidak umum dan yang sering muncul dalam soal agar Anda terbiasa dengan setiap kata dan makna dari kata tersebut.

 

  • Mengerjakan Tes Numerik

Pada tes ini, Anda akan diperhadapkan dengan operasi hitung matematika dasar. Selain itu, Anda perlu mengingat berbagai rumus yang diperlukan dalam menjawab soal-soal tersebut. Latihlah diri Anda untuk menghitung secara cepat dengan berlomba dengan waktu yang ditentukan. Semakin cepat Anda menyelesaikan soal, semakin banyak juga soal yang Anda kerjakan.

  • Manajemen Waktu

Anda disarankan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Ketika Anda stuck dengan satu soal yang agak rumit, Anda dapat melewatinya dan mengerjakan soal lain yang lebih mudah. Hal ini bertujuan agarAnda dapat menghemat waktu dan soal-soal yang dapat Anda kerjakan tidak terbengkalai karena memusingkan satu soal saja yang rumit.

  • Fokus Pada Tiap Sesinya dan Jangan Panik

Seperti pada tips diatas, Anda perlu fokus pada soal-soal yang dapat Anda kerjakan. Baca baik-baik setiap pertanyaan dan tinggalkan saja soal yang menurut Anda kurang familiar. Disinilah pentingnya setiap latihan yang terus dilakukan agar fokus terasah. Ketika menghadapi setiap soal, percayalah kepada potensi dan kemampuan Anda serta setiap persiapan yang telah Anda lakukan. Jangan biarkan diri kita menjadi gugup dan panik ketika mengerjakan soal.

  • Mulai kerjakan dari yang paling mudah

Bisa menyelesaikan soal yang dianggap paling sulit memang akan memberikan rasa puas tersendiri bagi anda, namun jangan terlalu mengikuti ego seperti itu dan anda harus membuang terlalu banyak waktu. Hal paling bijaksana yang bisa anda lakukan saat sedang melaksanakan tes potensi akademik ialah memulai dengan soal yang paling mudah terlebih dahulu, sehingga akan semakin banyak skor yang anda kumpulkan dalam waktu secepat mungkin.

  • Persiapan Fisik yang Prima

Latihan yang menguras kemampuan otak kita tentu saja membutuhkan asupan bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan kita tetapprima. Jangan abaikan istirahat, olahraga dan juga gizi yang seimbang dari asupan Anda.

Ratusan soal dengan sekelumit cara penyelesaian yang tidak mudah serta waktu yang relatif cukup lama dapat menyedot stamina Anda. Biasakanuntuk sarapan setiap pagi terutama saat hari tes potensi akademik diselenggarakan.

  • Tak hanya fisik yang harus tetap prima, namun mental juga

Akan dirasa percuma jika anda sudah menyiapkan kondisi fisik anda sedemikian rupa, namun keadaan spiritual dan mental anda tidak demikian adanya. Ya, selain fisik anda yang harus selalu dalam kedaan baik ketika akan dan sedang melaksanakan tes potensi akademik, pastikan juga bahwa mental anda sedang baik-baik saja.

Ketika mental anda sedang prima, maka rasa tegang, takut, tidak percaya diri dan lain sebagainya akan hilang begitu saja. Sehingga anda akan lebih tenang dan percaya diri dalam menyelesaikan setiap soal ujiannya, dan soal-soal yang ada tidak akan terasa semenakutkan seperti yang ada dalam pikiran anda selama ini.

Tips menghadapi Tes Potensi Akademik lainnya adalah dengan mengikuti Pelatihan Tes Potensi Akademik. Di Pelatihan TPA ini Anda akan diajarkan mengenai sinonim, antonim, matematika, silogisme, logika cerita dan gambar. Selain itu, Anda juga akan diajarkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya, peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda, peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif  lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensiseseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... Ada yang bisa kami bantu ? :)