Jadwal Simak S2 UI

Jadwal Simak S2 UI

 

Jadwal Simak S2 UIJadwal Simak S2 UI – Simak S2 UI merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi(D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Prosedur Pendaftaran Simak S2 UI

  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400×600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:
  • ATM / Teller Bank BNI
  • ATM atau Internet Banking Bank Permata
  • ATM, Self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga
  • ATM Bank Bukopin
  • Teller Bank BTN
  • ATM / Teller / Internet Bangking Bank Mandiri
  • Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.
  • Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  1. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  2. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  3. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan). Untuk jadwal ujian kekhususan dapat dilihat pada menu sebelah kiri.
  4. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

Jadwal Simak S2 UI

Pendaftaran jenjang Pasacasarjana dibuka tiga kali dalam 1 tahun akademik, yakni:

  • Semester Gasal

    gelombang 1 pendaftaran Februari – Maret

    gelombang 2 pendaftaran Mei – Juni

  • Semester Genap

    pendaftaran Oktober – November

Jadwal Simak S2 UI selengkapnya dapat dilihat di website pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi SIMAK S2 UI, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Simak UI S2 adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Simak S2 UI sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2.

Mengapa Pelatihan TPA  Simak S2 UI Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Jadwal Simak S2 UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*