Soal Tes Potensi Akademik PDF

Soal Tes Potensi Akademik PDF

 

 

Soal Tes Potensi Akademik PDFTes potensi akademik (TPA) adalah tes untuk mengukur potensi yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan belajar di jenjang pascasarjana atau memangku jabatan yang memerlukan kemampuan intelektual setara dengan kemampuan yang diperlukan untuk belajar di jenjang tersebut. Semakin tinggi skor yang dicapai, semakin besar kemungkinan keberhasilannya.

Soal Tes Potensi Akademik PDF

Apa Itu Tes Potensi Akademik (TPA)?

Tes Potensi Akademik atau TPA adalah salah satu bentuk tes psikologi yang banyak digunakan dalam proses rekrutmen kerja, baik di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Tak hanya itu, beberapa universitas dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga menjadikan TPA sebagai bagian dari proses seleksi.

Pasalnya, tes psikologi yang satu ini dianggap penting untuk melihat proses berpikir seseorang.

Adapun Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki 3 jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, dan tes logika.

  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (Persamaan kata), antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
  • Tes angka mengukur kemamuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berfikir terstruktur, dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmatik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita. Soal Tes Potensi Akademik PDF
  • Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita, dan tes logika diagram. Soal Tes Potenti Akademik PDF

Dalam test TPA OTO BAPPENAS score terendah adalah 200 dan tertinggi 800. Agar dapat lulus TPA Bappenas peserta harus memiliki nilai minimal 500. Tidak ada pengurangan score karena salah menjawab jadi bila masih kosong sebaiknya diisi “ngawur”, barangkali saja jawabannya benar.

Cara paling EFEKTIF dan JITU dalam menghadapi TPA Bappenas adalah dengan mempelajari langsung soal-soal sebelumnya. Dengan sering mempelajari dan latihan soal TPA Bappenas kita akan terbiasa melihat bentuk, pola soal TPA Bappenas serta tingkat kesulitannya seperti apa. Soal Tes Potensi Akademik PDF

Silahkan Download Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf berikut ini :

Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf Modul 1

Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf Modul 2

Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf Modul 3

Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf Modul 4

Soal Tes Potensi Akademik Bappenas Pdf TRY OUT

Soal Tes Potensi Akademik PDF

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA Bappenas. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Bappenas adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Bappenas sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Bappenas, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA Bappenas.

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Jika memang penting, bagaimana tips sukses dalam menghadapi TPA?

Jika pernah mendaftar kerja di berbagai perusahaan, kamu mungkin tidak asing lagi dengan tes yang satu ini. Tes Potensi Akademik atau TPA adalah salah satu jenis psikotes yang digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Di Indonesia, TPA banyak dimanfaatkan dalam proses rekrutmen kerja, tes beasiswa, hingga tes masuk perguruan tinggi.

Bahkan, dikutip dari laman resmi Bappenas, TPA juga dirancang untuk melihat potensi intelektual yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan seseorang dalam menjalani pendidikan S2 atau S3.

Setidaknya ada tiga aspek yang dinilai dalam tes TPA, yakni verbal, numerikal, dan figural.

Kemampuan verbal adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan bahasa.

Adapun kemampuan numerikal adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan angka.

Sementara itu, kemampuan figural adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan gambar.

Meskipun pertanyaan dalam Tes Potensi Akademik terkesan sederhana, banyak orang justru gagal dalam tes ini.

Alasannya beragam, mulai dari tidak teliti, kekurangan waktu, hingga bingung menentukan jawaban yang tepat.

Oleh karena itu, dibutuhkan trik khusus untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat sesuai waktu yang telah disediakan.

Tes Potensi Akademik menggunakan sistem penilaian skor. Semakin banyak jawaban yang berhasil kamu jawab dengan benar, semakin tinggi pula skormu.

Rentang nilai TPA yang bisa kamu dapatkan adalah 200-800.

 

Apa Saja Manfaat  Pelatihan TPA ?

Konsultan sukses-tpa berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA maupun Private TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di konsultan Sukses TPA hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Ini dikarenakan mereka telah belajar soal-soal TPA dan bagaimana cara mengerjakan dengan cepat.

Pada umumnya nilai TPA pasca pelatihan yang  diperoleh karyawan/peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang  tinggi  bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah.

Pelatihan TPA akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah. Jika belum mengenal tipe dan bentuk soal TPA langsung mengikuti Tes Potensi Akademik, dipastikan hasilnya akan kurang memuaskan. Bisa jadi ketika mengerjakan akan tertegun, gagap, bingung dan lainnya karena waktu yang diberikan begitu cepat. Dengan mengikuti Pelatihan TPA, akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan  dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain  perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi tes TPA. Soal Tes Potenti Akademik PDF

Mengapa TPA dibutuhkan dalam proses seleksi?

TPA bertujuan untuk mengukur kapasitas berpikir siswa, sehingga hasil tes ini dapat memprediksi apakah seorang siswa akan lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi, dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stress dengan tuntutan belajar di sekolah nantinya.

Siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang tinggi akan memiliki proses berpikir dan strategi pemecahan masalah yang efektif dan efisien yang membuatnya lebih mudah mempelajari mata pelajaran di sekolah dan menyelesaikan persoalan, sehingga dia tidak mudah untuk mengalami kecemasan dalam belajar dan akan memiliki prestasi belajar yang lebih baik.

Hasil dari nilai TPA dapat pula digunakan sebagai profil kemampuan berfikir siswa (berfikir dengan bahasa, angka, atau gambar) yang dapat dipergunakan oleh guru dan sekolah untuk mengembangkan proses pembelajaran di sekolah tersebut atau membantu siswa secara individual. Sehingga, proses pembelajaran siswa akan lebih efektif dan optimal karena siswa dapat memaksimalkan potensi kemampuan berpikirnya (dengan bahasa, angka, atau gambar) dalam belajar.

Contoh, seorang siswa yang mempunyai profil kemampuan berfikir yang menunjukkan kekuatan kemampuan berfikir dengan gambar dibandingkan dengan kemampuan dalam berfikir bahasa dan angka, maka anak sebaiknya diminta untuk membuat sketsa-sketsa gambar untuk memahami pelajaran yang bermuatan bahasa yang tinggi.

Soal Tes Potensi Akademik PDF

Soal Tes Potensi Akademik PDF Analogi

Dalam analogi, Anda akan menjawab kumpulan soal TPA mengenai persamaan atau persesuaian antara dua benda yang berlainan. Pada soal kategori analogi biasanya diberikan dua atau lebih kata dan anda akan diberikan pilihan untuk mencari pasangan dari kata tersebut.

Nah, tips paling penting yang perlu anda ingat adalah cari tahu dulu apa hubungan dari kata yang ada dalam soal.

Test Potensi Akademik

1) Soal Tes Potensi Akademik (TPA) terdiri dari 50 Soal dengan format Pilihan Ganda;

2) Waktu Pelaksanaan TPA adalah 90 menit terhitung dari waktu yang telah ditentukan;

3) Pastikan calon mahasiswa mengikuti Test Potensi Akademik sesuai dengan jadwal yang telah kami sampaikan, apabila

calon mahasiswa terlambat masuk tidak ada konvensasi waktu untuk calon mahasiswa;

4) Peserta yang sudah masuk ke halaman ujian dan sengaja langsung keluar dari halaman soal, tidak bisa melanjutkan

kembali;

5) Silahkan konfirmasi ke panitia, apabila ada masalah maksimal 2 jam sebelum test dimulai;

6) Apabila ada terjadi masalah pada saat pelaksanaan Test di masing-masing peserta terkait teknis, bukan tanggung jawab

panitia.

7) Bagi yang tidak mengikuti TPA otomatis gugur untuk tahap berikutnya;

8) Aturan penilaian :

– Benar 1 = 4 point;

– Salah 1 = – 1 Point

– Tidak dijawab = – 1 point

 

Kejujuran merupakan sesuatu yang berharga…

 

Berikut contoh soal tes potensi akademik bagian analogi dan pembahasannya.

 

Soal 1 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Gerbong : Lokomotif = … : …

 

a. Taksi : Pengemudi

b. Kereta : Masinis

c. Pedati : Andong

d. Delman : Kuda

e. Trem : Rel

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Kata kunci dari kata gerbong dan lokomotif adalah gerbong ditarik oleh lokomotif. Jika dilihat dari pilihan jawaban, pilihan yang juga memiliki kata kunci “ditarik oleh” adalah delman dan kuda karena delman ditarik oleh kuda. Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: D.

 

Soal 2 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Babak : Drama = … : …

 

a. Lagu : Musik

b. Rima : Puisi

c. Halaman : Novel

d. Bab : Buku

e. Pemandangan : Pertunjukan

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Kata kunci dari kata babak dan drama adalah babak merupakan pembagian dari sebuah drama. Jika dilihat dari pilihan jawaban, pilihan yang juga memiliki kata kunci “pembagian dari” adalah bab dan buku karena bab merupakan pembagian dari sebuah buku.

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: D.

 

Sinonim

Seperti yang diketahui sinonim merupakan persamaan kata. Jadi, dalam menjawab soal TPA verbal bagian sinonim, anda perlu tahu apa arti kata dalam soal sehingga bisa memilih kata lainnya yang memiliki makna sama.

 

Berikut contoh soal tes potensi akademik bagian sinonim dan pembahasannya.

 

Soal 1 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Agitasi = …

 

a. Hasutan

b. Penolakan

c. Rencana

d. Kompromi

e. Konsolidasi

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Agitasi memiliki arti ajakan; persuasi.

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: A.

 

Soal 2 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Konformitas = …

 

a. Konflik

b. Ketidakteraturan

c. Pembentukan

d. Harmoni

e. Anomali

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Konformitas berasal dari bahasa inggris confirm yang artinya konfirmasi; disetujui; kukuh.

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: D.

 

Antonim

Antonim merupakan kebalikan dari sinonim, yang memiliki arti lawan kata. Dalam menjawab soal-soal TPA antonim, sama seperti saat menjawab soal sinonim, anda juga harus tahu arti dari kata pada soal yang diberikan.

 

Jadi, anda harus banyak-banyak belajar mengenai perbendaharaan kata yang bisa didapatkan dari banyak membaca.

 

Berikut contoh soal tes potensi akademik bagian antonim dan pembahasannya.

 

Soal 1 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Diversitas x …

 

a. Monoton

b. Disparitas

c. Seragam

d. Unggul

e. Rendah

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Diversitas memiliki arti kata variasi; macam; beragam; keanekaragaman. Sehingga, lawan kata dari diversitas berdasarkan pilihan jawaban adalah seragam.

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: C.

 

Soal 2 Soal Tes Potensi Akademik PDF

Muntul x …

 

a. Gerigi

b. Padat

c. Tumpul

d. Tajam

e. Majal

 

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

Muntul memiliki arti tumpul; majal. Jadi, jawabannya adalah D.

 

 

selanjutnya adalah soal-soal TPA tipe numerik atau aritmatika. Anda pasti bakalan mikir soal-soal pada tipe ini bakalan susah karena berkaitan dengan matematika. Namun, jangan khawatir, soal numerik pada TPA ini sebenarnya menggunakan konsep matematika dasar yang gak memerlukan rumus yang ribet dan panjang.

 

Tapi, saat mengerjakan soal numerik TPA, anda perlu banget berpikir kreatif dalam menghitung dan jeli terhadap soal agar tidak mudah terkecoh.

 

Aritmetika Dasar

 

  1. 32 + 52 + 72 …

a. 83

b. 74

c. 66

d. 61

e. 69

 

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: a

pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

32+52+72=…

9+25+49=83

 

  1. 356-72:2+5×9…

a. 334

b. 391

c. 386

d. 385

e. 365

 

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: e

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

356-72:2+5×9=…

356-(72:2)+(5×9)=…

356-36+45= 365

 

  1. 5 x a x 14= 6 x 7 x 4

Nilai a yang tepat adalah…

 

a. 24

b. 18

c. 21

d. 22

e. 36

 

Jawaban Soal Tes Potensi Akademik PDF: a

Pembahasan Soal Tes Potensi Akademik PDF:

5 x a x 14 = 6 x 70 x 4

a x 70 = 6 x 70 x 4

a =  6  x 4

a  = 24

Skor TPA

Rentang nilai TPA adalah dari 200 hingga 800. Nilai TPA rerata nasional adalah 500 dan nilai TPA rerata penerima beasiswa Proyek DUE (1997, 1998 dan 1999) adalah 550. Rentang nilai TPA minimum untuk lolos saringan seleksi S2 adalah 450-500 dan untuk lolos saringan seleksi S3 adalah 550-600.Bagi dosen baru, untuk memperoleh NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), TPA terendah adalah 530. Setiap kampus atau instansi biasanya memiliki kebijakan sendiri dalam menetapkan skor minimum. Baik untuk keperluan pendidikan (S1, S2, S3) ataupun untuk keperluan karir (kenaikan jabatan).

Tempat & Waktu

Pelatihan dilaksanakan hanya satu hari untuk semua materi dan latihan soal.

Waktu Pelatihan Reguler di hari libur kerja Sabtu/Minggu (jadwal silahkan lihat disini) mulai Pk. 08.00 s.d 16.30 WIB

Lokasi Pelatihan : Pusat Studi Jepang UI Depok

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

 

Soal Tes Potensi Akademik PDF

Leave a Reply

*

× GRATIS Mini Try Out Bappenas