Trik Mengerjakan Soal TPA

Trik Mengerjakan Soal TPA

 

 

Trik Mengerjakan Soal TPA

Trik Mengerjakan Soal TPA,     TPA atau Test Potensi Akademik adalah suatu tes dimana otak kita di uji dalam berpikir selogis mungkin, salah satunya banyak di ujicobakan dalam ajang perekrutan suatu pekerjaan, banyak pekerjaan yang membutuhkan karyawan dengan melakukan berbagai test, salah satunya adalah dengan soal-soal tpa yang mengasah otak. sementara itu kita yang dari sd, smp, atau sma, belum mengenal dan mengetahui benar tentang apa itu TPA. TPA yaitu test potensi akademik, artinya kita di haruskan berpikir logis dalam mengerjakan sesuatu.

Contoh soal analogi, ” kucing makan rumput, hewan pemakan rumput adalah herbivora ” kesimpulannya adalah Kucing adalah herbivora, walaupun pada kenyataannya kucing adalah hewan karnivora. Kuncinya adalah jika kita mengerjakan soal-soal sejenis ini kita jangan mengkaitkan pada fakta di lapangan, yang kita fokuskan adalah apa yang ada dalam pernyataan. Soal-soal seperti inilah yang dapat menguji sejauh mana kita dapat berpikir logis, sehingga dalam suatu pekerjaan atau kegiatan jika terdapat kendala-kendala dari berbagai faktor, dapat kita pecahkan melalui cara berpikir kita yang logis.

Dalam Tes Analogi Kata ini menguji kemampuan kalian dalam ber-Logika Ria. Tes Analogi ini juga dipakai dalam menguji kemampuan seseorang dalam mencari kata-kata yang setara dan saling berhubungan. Jadi dalam Tes ini yang diuji ialah Kemampuan Bahasa (Verbal) dan daya nalar kalian dalam menjawab soal TPA Analogi Kata.

Soal TPA Analogi Kata juga tiap tahunnya beragam bentuknya. Hal ini dikarenakan tiap tahunnya beragam kemampuan orang yang diujinya, namun jangan khawatir tipe soal TPA Analogi Kata ini takkan keluar dari koridor rujukkan pembuatan soal.

Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan konsentrasi penuh. Tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik. Tegang hanya akan membuat energi otak anda cepat terkuras. Panik membuat anda mengerjakan soal secara ceroboh dan terburu-buru. Sehingga mudah terkecoh oleh jawaban yang sekilas benar.

Jangan memperturutkan rasa penasaran anda terhadap satu soal tertentu. Ini sangat berbahaya. Rasa penasaran terhadap satu soal tertentu  (biasanya terjadi pada soal-soal numerik atau angka) membuat waktu anda terkuras untuk mengerjakan soal tersebut. Belum lagi energi anda juga turut berkurang secara signifikan. Ditambah lagi emosi  juga akan naik, bila ternyata kemudian anda gagal menemukan jawabannya. Ingatlah bahwa setiap butir soal TPA memiliki bobot nilai yang sama. Sehingga jangan membuang-buang waktu untuk sekedar memperturutkan rasa penasaran anda tersebut.

soal tpa pdf

Trik Mengerjakan Soal TPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp