Simak S2 UI

Simak S2 UI

 

Simak S2 UI – Simak S2 UI merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi(D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Simak S2 UI Prosedur Pendaftaran Simak S2 UI

  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400×600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:
  • ATM / Teller Bank BNI
  • ATM atau Internet Banking Bank Permata
  • ATM, Self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga
  • ATM Bank Bukopin
  • Teller Bank BTN
  • ATM / Teller / Internet Bangking Bank Mandiri

Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.

Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

  1. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  2. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  3. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan). Untuk jadwal ujian kekhususan dapat dilihat pada menu sebelah kiri.
  4. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

Soal Simak S2 UI

Soal Simak S2 UI terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  1. Tes Kemampuan Verbal

Mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bahasa dan kosakata tertentu. ada sinonim, antonim, analogi verbal, tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata  dan reading comprehension. Terkadang pada bagian ini kita bertemu dengan kata-kata aneh yang jarang (atau bahkan tidak pernah) kita temui, Contohnya : kelindan (benang yang digulung), mega (maksudnya adalah jutaan). Untuk mencari arti dari kata-kata baru yang saya temui, biasanya saya menggunakan kamus KBBI.

  1. Tes Kemampuan Kuantitatif (Angka)

Sebenarnya maksud dari tes bagian ini untuk mengetahui kecermatan dan kecepatan dalam  perhitungan dasar. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Bagi yang tidak suka Matematika, pasti langsung merasa down ketika melihat banyaknya soal. Padahal mayoritas soal pada bagian ini, bisa diselesaikan tanpa membuat perhitungan yang kompleks, cukup dibayangkan. Gunakan otak kanan. Contohnya : 20,724 : 5,2….Dari soal tersebut, langsung saja kita bagi 20:5, hasilnya adalah 4. tapi di soal, pembaginya bukan 5, melainkan 5.2…berarti hasil dari pembagian soal tersebut, pastilah, angka yang mendekati 4. Jika ada pilihan 3,785 dan 3,985. Langsung saja tembak 3,985 ?

  1. Tes Kemampuan Penalaran

Tes ini untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berfikir nalar dan masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Ketiga bagian diatas dikerjakan selama waktu 120 menit. Setidaknya tiap soal kita diberi waktu kurang dari 1 menit untuk menyelesaikannya, itu sudah termasuk membulatkan pilihan di lembar jawaban. Tips dari saya seringlah berlatih untuk mengerjakan Soal Simak S2 UI, agar Anda dapat memahami tiap-tiap soal tersebut, dapat terbiasa dengan soal serupa dan dapat dengan mudah, cepat dan tepat dalam menjawab Soal Simak S2 UI. Sekian artikel mengenai Soal Tes Simak S2 UI. Semoga artikel mengenai Simak S2 UI ini dapat bermanfaat.

Simak S2 UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WA Kami Sekarang
Send via WhatsApp