Simak UI S2 Keperawatan

Simak UI S2 Keperawatan

 

Simak UI S2 Keperawatan –  SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Simak UI S2 KeperawatanBagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah S2 keperawatan di UI ada beberapa persyaratan akademik yang harus di penuhi.

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah SMA IPA/A1/A2 (ijazah asli diupload);
  2. Memiliki ijazah pendidikan Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi.. Calon mahasiswa ini dapat memilih peminatan/spesialis: Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, dan Keperawatan Anak (ijazah asli diupload)
  3. Memiliki pengalaman kerja di klinik minimal satu (1) tahun dalam bidang keperawatan sesuai area peminatan/spesialisasinya dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi klinik/kerja dimana calon tersebut bekerja (diserahkan pada saat ujian peminatan);
  4. Bagi calon dengan biaya pendidikan mandiri, menyerahkan surat pernyataan bermaterai akan mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (diserahkan pada saat ujian peminatan);
  5. Bagi calon mahasiswa tugas/ijin belajar, menyerahkan surat pernyataan dari institusi bermaterai bahwa menugaskan calon mahasiswa untuk mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (diserahkan pada saat ujian peminatan) ;
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dari skala 4.00) (transkrip asli diupload)
  7. Memenuhi kriteria minimum score TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan Universitas;
  8. Memenuhi kriteria ujian peminatan minimal 70.

Prosedur Pendaftaran Simak UI S2 Keperawatan

  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min. 400×600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:
  • ATM / Teller Bank BNI
  • ATM atau Internet Banking Bank Permata
  • ATM, Self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga
  • ATM Bank Bukopin
  • Teller Bank BTN
  • ATM / Teller / Internet Bangking Bank Mandiri
  • Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.
  • Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  1. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  2. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  3. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan). Untuk jadwal ujian kekhususan dapat dilihat pada menu sebelah kiri.
  4. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

Dokumen yang disiapkan untuk Daftar SIMAK UI S2 Keperawatan

  • SIMAK UI Profesi, Spesialis, S2, S3, S1 Ekstensi lulusan D3
  • Salinan/copy ijasah yang telah dilegalisasi
  • Salinan/copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib memiliki surat penyetaraan ijasah dari Dikti
  • Untuk peserta yang mencantumkan nilai TPA / TOEFL, wajib memiliki sertifikat TPA / TOEFL
  • SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi
  • Tidak ada dokumen pendaftaran
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional
  • Sertifikast TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5

Materi Ujian Simak UI S2 Keperawatan

  • Tes Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal dengan TPA)
  • Bahasa Inggris

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan adalah hal yang tidak penting.Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 Keperawatan.

Mengapa Pelatihan TPA  Simak UI S2 Keperawatan Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA Bappenas ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Simak UI S2 Keperawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*