Tips Dan Trik Mengerjakan Soal TPA Bappenas

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA Bappenas

 

Tes potensi akademik atau terkenal dengan sebutan TPA adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bidang akademis. Saat ini Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) ditunjuk sebagai penyelenggara tes TPA ini. Bappenas juga bekerjasama dengan universitas maupun lembaga-lembaga terkait lainnya yang membutuhkan tes ini untuk keperluan tertentu sehingga tes TPA lazim disebut dengan TPA OTO BAPPENAS.

Kadang banyak diantara kita yang sebelumnya tidak pernah mengikuti tes semacam ini bertanya-tanya bagaimana caranya aga bisa lolos dan melalui tes TPA ini dengan berhasil. Dalam artikel berikut ini akan anda temukan beberapa tips dan trik mengerjalan soal TPA BAPPENAS:

  1. 1. Tips Menjawab Soal TPA BAPPENAS
  • Persiapkan Mental

Mempersiapkan mental yang dimaksud disini adalah usahakan kondisi anda sebelum mengerjakan soal dalam keadaan rileks, tenang namun tetap fokus dan berkonsentrasi.

  • Persiapkan Perlengkapan Teknis

Mempersiapkan perlengkapan yang digunakan dan diperlukan selama TPA mutlak harus dilakukan agar saat mengerjakan, Anda mampu mengatasi hal-hal yang tak terduga misal pensil yang tiba-tiba patah dan lain sebagainya.

  • Berlatih TPA Online

Melatih diri mengerjakan TPA secara online, bisa jadi alternatif bagi Anda mempersiapkan diri sebelum menghadapi TPA BAPPENAS, karena semakin anda sering berlatih maka akan semakin memudahkan anda untuk dengan cepat menentukan jawaban dari soal yang ada dalam TPA.

  • Berdoa

Berdoa sebelum memulai tes sangatlah diperlukan agar selama tes berlangsung, Anda akan mudah untuk merasa tenang dan nyaman.

Tes Potensi Akademik Bappenas

  1. 2. Trik Menjawab Soal TPA BAPPENAS.
  • Jawab Soal yang anda anggap mudah

Hal ini penting untuk anda lakukan karena jika terpaku pada satu soal yang sulit maka anda akan kehabisan waktu, sementara semua soal yang diberikan memiliki bobot yang sama.

  • Pelajari Rumus Sederhana Matematika

Soal perhitungan matrematika adalah salah satu bagian dari TPA namun bukan matematika dengan rumus yang  susah. Matematika dengan rumus rumus sederhana sering sekali muncul maka tak ada salah nya jika anda mempersiapkan diri untuk menghafalnya saat di rumah (misal rumus Phytagoras, atau juga Rumus Prosentase sederhana).

  • Jawab Soal Dari Belakang

Kendati teori ini belum teruji kebenarannya, namun beberapa orang yang pernah melakukan TPA menyatakan bahwa soal-soal yang ada di nomor urut belakang cenderung lebih mudah dikerjakan dari pada nomer urut paling depan.

Demikian tadi Tips dan trik mengerjakan soal TPA BAPPENAS

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik bappenas atau tpa bappenas, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti pelatihan & private TPA Bappenas.

Mengapa Pelatihan Penting?

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Manfaat Pelatihan Apa Saja ?

Pelatihan & Private TPA Bappenas– Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Selain itu keuntungan lainnya adalah :   Nilai TPA pasca pelatihan yang diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang tinggi bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah;

Pelatihan & Private TPA Bappenas akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah;

Dengan mengikuti Pelatihan & Private TPA Bappenas yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi TPA.

tpa bappenas

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA BAPPENAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*