Tips Dan Trik Mengerjakan Soal TPA Bappenas

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA Bappenas

Tes potensi akademik atau terkenal dengan sebutan TPA adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bidang akademis. Saat ini Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) ditunjuk sebagai penyelenggara tes TPA ini. Bappenas juga bekerjasama dengan universitas maupun lembaga-lembaga terkait lainnya yang membutuhkan tes ini untuk keperluan tertentu sehingga tes TPA lazim disebut dengan TPA OTO BAPPENAS.

Kadang banyak diantara kita yang sebelumnya tidak pernah mengikuti tes semacam ini bertanya-tanya bagaimana caranya aga bisa lolos dan melalui tes TPA ini dengan berhasil. Dalam artikel berikut ini akan anda temukan beberapa tips dan trik mengerjalan soal TPA BAPPENAS:

  1. 1. Tips Menjawab Soal TPA BAPPENAS

 

  • Persiapkan Mental

Mempersiapkan mental yang dimaksud disini adalah usahakan kondisi anda sebelum mengerjakan soal dalam keadaan rileks, tenang namun tetap fokus dan berkonsentrasi.

  • Persiapkan Perlengkapan Teknis

Mempersiapkan perlengkapan yang digunakan dan diperlukan selama TPA mutlak harus dilakukan agar saat mengerjakan, Anda mampu mengatasi hal-hal yang tak terduga misal pensil yang tiba-tiba patah dan lain sebagainya.

  • Berlatih TPA Online

Melatih diri mengerjakan TPA secara online, bisa jadi alternatif bagi Anda mempersiapkan diri sebelum menghadapi TPA BAPPENAS, karena semakin anda sering berlatih maka akan semakin memudahkan anda untuk dengan cepat menentukan jawaban dari soal yang ada dalam TPA.

  • Berdoa

Berdoa sebelum memulai tes sangatlah diperlukan agar selama tes berlangsung, Anda akan mudah untuk merasa tenang dan nyaman.

Tes Potensi Akademik Bappenas

  1. 2. Trik Menjawab Soal TPA BAPPENAS.

 

  • Jawab Soal yang anda anggap mudah

Hal ini penting untuk anda lakukan karena jika terpaku pada satu soal yang sulit maka anda akan kehabisan waktu, sementara semua soal yang diberikan memiliki bobot yang sama.

  • Pelajari Rumus Sederhana Matematika

Soal perhitungan matrematika adalah salah satu bagian dari TPA namun bukan matematika dengan rumus yang  susah. Matematika dengan rumus rumus sederhana sering sekali muncul maka tak ada salah nya jika anda mempersiapkan diri untuk menghafalnya saat di rumah (misal rumus Phytagoras, atau juga Rumus Prosentase sederhana).

  • Jawab Soal Dari Belakang

Kendati teori ini belum teruji kebenarannya, namun beberapa orang yang pernah melakukan TPA menyatakan bahwa soal-soal yang ada di nomor urut belakang cenderung lebih mudah dikerjakan dari pada nomer urut paling depan.

Demikian tadi Tips dan trik mengerjakan soal TPA BAPPENAS, semoga bermanfaat.

tpa bappenas

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA BAPPENAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*